Rabu, 2 September 2015

Health

Bir Hitam Lebih Menyehatkan

Sabtu, 13 Agustus 2011 | 08:34 WIB

KOMPAS.com — Selama ini, bir memang memiliki reputasi buruk dan selalu mendapat pandangan negatif. Padahal, jika Anda telusuri lebih lanjut, minum bir tidak selamanya berefek negatif. Menurut Dr Manny Alvarez, bir memiliki sejumlah antioksidan alami dan vitamin yang dapat membantu mencegah penyakit jantung,  bahkan membangun kembali otot.

Meskipun memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tersembunyi, Anda tetap harus bijak dalam mengonsumsinya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan hasilnya pasti tidak akan baik.

Menurut Alvarez, dengan minum bir, seseorang tidak perlu merasa khawatir akan terjadi dehidrasi. Justru beberapa hal yang perlu diingat adalah bir sesungguhnya mengandung 93 persen air. Bahkan, menurut penelitian di Spanyol, bir benar-benar dapat memberikan hidrasi lebih baik dibandingkan dengan H2O.

Lantas, bir yang seperti apa baik untuk Anda? Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, bir hitam adalah pilihan terbaik. Menurut Manny, bir gelap cenderung memiliki antioksidan tinggi di antara jenis bir lain sehingga membantu memperbaiki kerusakan sel secara alami dalam tubuh.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture juga telah menemukan bahwa bir hitam memiliki kandungan besi yang lebih tinggi daripada bir ringan. Besi merupakan mineral esensial yang penting untuk tubuh dan mempunyai peran yang banyak, termasuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh kita.

Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: