Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitamin untuk Menguatkan Ereksi

Kompas.com - 19/08/2011, 11:37 WIB

Kompas.com-  Ada banyak mitos seputar makanan yang dipercaya akan meningkatkan performa pria di atas ranjang. Anda boleh-boleh saja mempercayainya, tetapi sebaiknya Anda membaca hasil penelitian ilmiah berikut ini mengenai pengaruh nutrisi pada ereksi.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine disebutkan vitamin niacin (B3) yang ditemukan dalam ayam, ikan, bulir padi-padian, dan masih banyak lagi, membantu mengatasi disfungsi ereksi, terutama pada pria yang menderita kolesterol tinggi.

Niacin diketahui membantu tubuh memproses lemak dan menurunkan kolesterol. Seperti statin, yang juga bisa mengatasi disfungsi ereksi, niacin akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dengan cara melebarkan arteri. Makin lancar aliran darah ke bagian penis, makin tegang ereksinya.

Dalam penelitian yang dipimpin Chi-Fai Ng, tersebut para peneliti memberikan pria yang kadar kolesterolnya tinggi dan disfungsi ereksi, tablet niacin atau plasebo selama 12 minggu.

Pria yang mendapatkan niacin mengatakan mereka lebih mampu mempertahankan ereksinya ketika berhubungan seksual setelah rutin mengonsumsi niacin selama 12 minggu, dibandingkan dengan yang mendapat plasebo. Pria yang menderita kesulitan ereksi cukup parah juga mengaku mengalami perbaikan berarti.

Karena niacin hanya memiliki efek samping kecil, biasanya rasa panas di wajah dan kulit gatal, Ng mengatakan vitamin ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi gangguan ereksi pada pria hiperkolesterol.

Sayangnya dalam penelitian ini tidak dibandingkan antara niacin dengan obat disfungsi ereksi seperti Viagra. Dengan demikian perlu dilakukan penelitian lebih mendalam untuk mengetahui apakah vitamin ini juga efektif untuk pria dalam populasi umum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com