Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendeteksi Penyakit dari Perubahan Kulit

Kompas.com - 23/08/2011, 14:35 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa masalah pada kulit sebenarnya dapat dijadikan sebagai suatu pertanda adanya gangguan kesehatan? Munculnya tahi lalat, perubahan pada warna kulit dan beragam permasalahan kulit lainnya dapat menjadi petunjuk akan masalah kesehatan yang akan terjadi.

Berikut adalah list dari tanda-tanda yang mengindikasi adanya masalah kesehatan, lebih dari sekedar permasalahan kulit biasa :

* Wajah pucat : Kulit yang pucat dapat dihubungkan dengan anemia yang menunjukkan kurangnya zat besi yang cukup unutk membuat hemoglobin, dimana hemoglobin ini bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

* Warna kulit menguning : Perubahan warna kulit menjadi oranye kekuning-kuningan bisa menjadi salah satu pertanda hipotiroidisme - atau kurang aktifnya kelenjar tiroid - yang menyebabkan meningkatnya kadar beta-karoten (sejenis antioksidan yang ditemukan pada buah dan sayuran) dalam darah.  Masalah yang menimpa pada kelenjar tiroid ini berarti tubuh tidak mampu menyerap antioksidan dengan cepat, yang menyebabkan menumpuknya beta-karoten. Kulit yang menguning, jika diikuti dengan perubahan warna pada mata yang ikut menguning, dapat menjadi pertanda penyakit liver.

* Garis-garis gelap di telapak tangan : Garis hitam pada telapak tangan atau pendalaman pigmen dalam lipatan telapak tangan dapat mengindikasikan adanya insufisiensi adrenal, sebuah gangguan endokrin, yang dikenal juga sebagai penyakit Addison. Utamanya, penyakit ini mempengaruhi perempuan dan laki-laki berusia antara 30 sampai 50 tahun.

* Guratan coklat pada tulang kering : Jika pada bagian depan kaki di sepanjang tulang kering tampak bintik-bintik coklat atau timbulnya sedikit pembuluh darah yang akhirnya mulai berdarah, maka itu merupakan tanda dari diabetes.

* Warna ungu pada kulit : Jika Anda melihat adanya warna ungu pada salah satu permukaan kulit, itu berarti adanya beberapa pembuluh darah yang pecah dan dapat terjadi karena masalah sirkulasi atau kekurangan vitamin C. Bintik ungu sering dikelirukan sebagai memar ini cenderung timbul dalam waktu yang lama dibandingkan dengan bintik ungu yang dihasilkan akibat memar.

* Bintik merah menyerupai kupu-kupu pada wajah : Sebuah ruam merah berbentuk kupu-kupu yang biasanya timbul di tulang (jembatan) hidung dan pipi, sering kali menjadi tanda pertama dari penyakit autoimun Lupus, yang merupakan suatu gangguan yang mengancam jiwa dan membutuhkan pengobatan yang tepat. Atau bisa juga rosacea atau dermatitis kontak.

* Jerawat : Meskipun jerawat merupakan masalah umum pada remaja dan beberapa wanita, jerawat bisa berubah menjadi penyakit polycystic ovary atau PCOS. Jerawat tersebut merupakan hasil dari ketidakseimbangan hormon dan dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan tertentu.

* Kulit Kendur : Kulit kendur bisa merupakan tanda dari dehidrasi. Dengan mengisi cairan tubuh dengan tepat, secara alami, dapaat mencegah kulit menngendur. Untuk kesehatan yang optimal, dokter menyarankan unutk minum delapan gelas air perhari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com