Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruam Kulit Bayi karena "Sawan"?

Kompas.com - 25/08/2011, 11:04 WIB

TANYA:

Apa penyebab kulit bayi yang baru lahir bintik-bintik merah mulai dari kepala, leher, bahkan hampir merata di punggungnya. Tapi bukan biang keringat. Orang tua sih menyebutnya sawan. Tapi mereka tak bisa menjelaskan apa itu sawan. Saya kasihan melihat kulit putra saya. Bahkan saya tidak tahu apa yang dia rasakan, apakah panas, gatal, nyeri. Tolong bantu saya, bagaimana cara menghilangkannya? Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan kulit bayi seperti itu? Kebetulan putra saya baru berumur 43 hari. Terima kasih. Dewi (22), Jakarta

JAWAB:

Ibu Dewi yang baik, Bintik-bintik merah pada bayi baru lahir dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya karena biang keringat (miliaria), akibat pori kulit yang masih belum terbuka sepenuhnya, iritasi ringan dengan bahan-bahan baju, kain bantal/kasurnya, higiene kulit yang kurang baik, kondisi yang disebut sebagai dermatitis seboroik dan sebagainya.

Begitu banyak hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi tersebut sehingga sebaiknya si kecil dibawa ke dokter untuk konsultasi mengingat kelainan kulit memang sebaiknya harus dilihat langsung.

Bila bayi tidak rewel atau gelisah menangis terus menerus menandakan bahwa kondisi ia tidak merasa gatal/nyeri.Yang penting adalah menjaga higiene bayi dengan optimal, mandi dengan sambut bayi yang lembut, hindari keringat yang berlebihan dan hindari penggunaan bahan-bahan yang potensial menyebabkan iritasi kulit seperti lotion penghangat (minyak telon, kayu putih dan sebagainya).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com