Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia 5 Tahun Gigi Taring Belum Ada

Kompas.com - 27/08/2011, 07:09 WIB

TANYA:

Dokter, anak pertama saya sudah berusia 5 tahun 3 bulan, sampai sekarang gigi taringnya sebelah kiri belum tumbuh. Apakah itu tidak bermasalah dok? Dulunya tiap mau tidur dia suka gigit ujung bantal.  Saya ingin mengajaknya ke dokter tapi ia selalu ketakutan. Apakah normal kondisi gigi anak saya?  Sri Helmi (33), Jakarta

JAWAB:

Ibu Sri yang baik, Semestinya seusianya jumlah gigi susunya sudah lengkap termasuk gigi taringnya. Namun pada beberapa anak bisa saja terjadi keterlambatan erupsi. Coba raba gusi di daerah tersebut, apakah terasa ada tonjolan yang agak keras, bila ya mungkin memang belum terjadi erupsi saat ini, dan mungkin akan terjadi beberapa bulan ke depan. Namun untuk kepastiannya sebaiknya ibu membawanya berobat ke dokter gigi agar dapat diketahui penyebabnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com