Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Fungsi Penglihatan dengan Cokelat

Kompas.com - 27/08/2011, 12:05 WIB

Kompas.com - Mengendarai kendaraan untuk perjalanan jauh seperti saat mudik sekarang memerlukan fungsi penglihatan yang prima. Ada cara cepat untuk meningkatkan kualitas penglihatan, yakni makan cokelat.

Penelitian menunjukkan cokelat hitam mampu meningkatkan ketajaman penglihatan dalam kondisi kontras rendah.

Dalam penelitian di Inggris diketahui penglihatan para responden meningkat 17 persen dalam hal kondisi cahaya kontras setelah mereka mengasup cokelat hitam dibandingkan dengan yang makan cokelat putih. Partisipan studi tersebut juga memiliki fungsi otak yang lebih baik dalam hasil tes.

Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam diketahui meningkatkan sirkulasi darah di tubuh, termasuk ke bagian mata. "Retina memerlukan banyak energi tetapi seringkali kekurangan suplai darah. Flavonoid dalam cokelat akan meningkatkan fungsi periferal pembuluh darah ke bagian mata sehingga fungsi penglihatan pun semakin baik," kata David Field, dosen pada University of Reading, Inggris, yang melakukan riset ini.

Field dan timnya menguji partisipan dua jam setelah mereka mengasup cokelat hitam batangan. Tetapi menurut dia sebenarnya efek dari flavonoid sudah bisa dirasakan sejam setelah dikonsumsi.

Mengenai jumlah cokelat yang harus diasup Field belum yakin. Dalam risetnya ia menggunakan cokelat batangan yang mengandung 773 miligram flavonoid cokelat. Sayangnya kebanyakan produsen cokelat tidak mencantumkan jumlah flavonoid dalam kemasan.

Selain cokelat, sebenarnya flavonoid bisa didapatkan dalam teh, buah-buahan dan juga sayuran. Akan tetapi menurut Field belum diketahui apakah efeknya akan sama seperti flavonoid dalam cokelat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com