Kamis, 27 November 2014 08:16

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Tingkatkan Fungsi Penglihatan dengan Cokelat

Penulis : Lusia Kus Anna | Sabtu, 27 Agustus 2011 | 12:05 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Kompas.com - Mengendarai kendaraan untuk perjalanan jauh seperti saat mudik sekarang memerlukan fungsi penglihatan yang prima. Ada cara cepat untuk meningkatkan kualitas penglihatan, yakni makan cokelat.

Penelitian menunjukkan cokelat hitam mampu meningkatkan ketajaman penglihatan dalam kondisi kontras rendah.

Dalam penelitian di Inggris diketahui penglihatan para responden meningkat 17 persen dalam hal kondisi cahaya kontras setelah mereka mengasup cokelat hitam dibandingkan dengan yang makan cokelat putih. Partisipan studi tersebut juga memiliki fungsi otak yang lebih baik dalam hasil tes.

Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam diketahui meningkatkan sirkulasi darah di tubuh, termasuk ke bagian mata. "Retina memerlukan banyak energi tetapi seringkali kekurangan suplai darah. Flavonoid dalam cokelat akan meningkatkan fungsi periferal pembuluh darah ke bagian mata sehingga fungsi penglihatan pun semakin baik," kata David Field, dosen pada University of Reading, Inggris, yang melakukan riset ini.

Field dan timnya menguji partisipan dua jam setelah mereka mengasup cokelat hitam batangan. Tetapi menurut dia sebenarnya efek dari flavonoid sudah bisa dirasakan sejam setelah dikonsumsi.

Mengenai jumlah cokelat yang harus diasup Field belum yakin. Dalam risetnya ia menggunakan cokelat batangan yang mengandung 773 miligram flavonoid cokelat. Sayangnya kebanyakan produsen cokelat tidak mencantumkan jumlah flavonoid dalam kemasan.

Selain cokelat, sebenarnya flavonoid bisa didapatkan dalam teh, buah-buahan dan juga sayuran. Akan tetapi menurut Field belum diketahui apakah efeknya akan sama seperti flavonoid dalam cokelat.

 


Sumber :
Mens Health

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui