Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Rambutan Turunkan Bus Bantuan

Kompas.com - 28/08/2011, 14:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua hari jelang Lebaran, hanya Terminal Kampung Rambutan saja yang mengoperasikan bus bantuan. Tiga terminal besar lainnya termasuk Terminal Pulo Gadung belum menurunkan bus bantuan.

"Bus bantuan sudah berjalan. Ini berlaku jika bus reguler sudah melebihi kapasitas. Jadi, yang keleleran dikeluarin," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, usai mendampingi Gubernur DKI Jakarta melakukan inspeksi dadakan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (28/8/2011).

Jumlah bus bantuan yang disiapkan Dishub sebanyak 517 bus. Dengan rincian, sebanyak 280 bus kota dan sebanyak 237 bus pariwisata. Namun untuk jumlah bus bantuan yang telah beroperasi, ia mengungkapkan, belum ada laporan rinci.

"Untuk jumlah belum rinci. Tapi tadi sudah ada bus pariwisata yang menjadi bus bantuan," jelas Pristono.

Meski volume penumpang bus meningkat, bus bantuan ini belum banyak digunakan karena penumpang bus bisa terangkut semua di bus reguler. Ini juga disebabkan banyaknya pemudik yang ikut program mudik bersama atau memilih moda transportasi lain yakni kereta api atau pesawat terbang.

"Bus bantuan ini saat butuh baru dipanggil. Jadi keberadaannya tidak di terminal melainkan pool masing-masing," imbuh Pristono.

Sebelumnya diberitakan, terdapat empat terminal utama yang melayani pemberangkatan antar provinsi, yakni terminal Lebak Bulus, Kali Deres, Kampung Rambutan, dan Pulo Gadung. Untuk ketersediaan bus reguler sendiri mencapai 6.000 armada. Pada H-3 dan H-2 diperkirakan terjadi puncak arus mudik. Sementara untuk arus balik, diperkirakan tidak berbarengan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com