Kamis, 30 Oktober 2014 21:29
Caring by Sharing | Kompas.com

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

9 Makanan "Santapan" Kulit

Penulis : Bramirus Mikail | Senin, 29 Agustus 2011 | 10:43 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com Siapa bilang keriput dan vlek hitam hanya bisa dihilangkan dengan krim kosmetik atau bedah plastik. Kita bisa menjaganya tetap indah dan awet muda dari dalam dengan cara mengonsumsi bahan makanan sehat. Apa saja bahan pangan yang bisa menjadi "santapan" bagi kulit?

1. Kacang

Kacang kaya akan vitamin A dan asam lemak omega-3. Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya nutrisi penting untuk kulit Anda karena bekerja melindungi kulit dengan membentuk membran kaya cairan pada kulit. Rutin mengonsumsi kacang akan menjadikan kulit tetap lembab dan fleksibel sehingga datangnya keriput bisa diperlambat.

Sumber: Kenari, pecan, almond, dan hazelnut.

2. Buah dan berries

Buah dan berries adalah sumber alami yang kaya akan antioksidan, vitamin, serat, dan mineral untuk menjaga kulit Anda tetap mulus. Antioksidan melawan radikal bebas dan meningkatkan penyerapan nutrisi, sedangkan vitamin dan mineral memberikan kekebalan yang kuat.

 Sumber: Raspberry, anggur merah, blueberry, alpukat, kiwi, aprikot, apel, pir, dan melon.

3. Sayuran hijau

Antioksidan, vitamin C, E, dan beta-karoten banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau. Mereka mempuyai sifat meningkatkan kekebalan tubuh, selain juga melindungi terhadap penyakit kanker, radang sendi, dan jantung. Sayuran memainkan peran penting dalam pembaruan kulit dan penghapusan radikal bebas berbahaya. Sayuran juga memiliki efek promotor antipenuaan.

Sumber: Bayam, buncis, brokoli, kubis, wortel, dan mentimun.

4. Ikan

Ikan merupakan sumber yang kaya minyak Omega-3, komponen yang memainkan peran sangat penting dalam meningkatkan elastisitas kulit dan dapat mengurangi keriput di wajah. Asam lemak Omega-3 tidak diproduksi oleh tubuh kita sehingga kita harus mengasupnya dari makanan.

Sumber: Salmon, ikan kembung, herring, sarden, dan makarel.

5. Serelia utuh

Serelia utuh tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga memiliki sumber yang kaya vitamin, mineral, protein, dan serat. Serelia juga bertanggung jawab untuk menurunkan kolesterol darah dan membantu dalam mencegah penyakit jantung. Setelah Anda mendapatkan tubuh yang sehat, maka secara tidak langsung kulit yang sehat juga akan Anda peroleh.

Sumber: Gandum dan beras merah.

6. Lemak sehat

Beralihlah mengonsumsi lemak sehat yang kaya antioksidan. Lemak ini bertindak sebagai pembawa lemak larut vitamin A, C, dan E yang sangat diperlukan untuk memperoleh kulit mulus.

Sumber: Minyak zaitun, minyak safflower, dan minyak wijen.

7. Teh

Hindari semua minuman yang kaya akan kafein. Hal ini dikarenakan kafein memiliki kekuatan untuk menghancurkan vitamin dalam tubuh Anda. Sebaiknya minum teh hijau yang kaya akan kandungan EGCG-antioksidan super yang memiliki kemampuan untuk membalikkan oksidasi dan peradangan kulit yang muncul dalam bentuk keriput, kerusakan kulit, atau luka.

Sumber: Teh hijau, teh hitam, dan jus tanpa pemanis.

8. Telur dan yoghurt

Makanan ini kaya akan mineral, kalium, dan kalsium. Ini adalah cara pintas yang sangat baik untuk merawat dan meremajakan kulit. Kalium membantu dalam pertumbuhan sel kulit baru. 

Sumber: putih telur dan susu yoghurt.

9. Air

Hampir 70 persen dari tubuh kita terdiri adalah air. Jika Anda sampai kekurangan cairan, maka kulit akan terasa seperti kering, bersisik, dan kurang gizi. Air dapat dengan mudah kita dapatkan, di samping juga mampu membuat suatu keajaiban bagi kulit Anda dan membuatnya bersinar. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.


Sumber :
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui