Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Makanan "Santapan" Kulit

Kompas.com - 29/08/2011, 10:43 WIB

KOMPAS.com Siapa bilang keriput dan vlek hitam hanya bisa dihilangkan dengan krim kosmetik atau bedah plastik. Kita bisa menjaganya tetap indah dan awet muda dari dalam dengan cara mengonsumsi bahan makanan sehat. Apa saja bahan pangan yang bisa menjadi "santapan" bagi kulit?

1. Kacang

Kacang kaya akan vitamin A dan asam lemak omega-3. Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya nutrisi penting untuk kulit Anda karena bekerja melindungi kulit dengan membentuk membran kaya cairan pada kulit. Rutin mengonsumsi kacang akan menjadikan kulit tetap lembab dan fleksibel sehingga datangnya keriput bisa diperlambat.

Sumber: Kenari, pecan, almond, dan hazelnut.

2. Buah dan berries

Buah dan berries adalah sumber alami yang kaya akan antioksidan, vitamin, serat, dan mineral untuk menjaga kulit Anda tetap mulus. Antioksidan melawan radikal bebas dan meningkatkan penyerapan nutrisi, sedangkan vitamin dan mineral memberikan kekebalan yang kuat.

 Sumber: Raspberry, anggur merah, blueberry, alpukat, kiwi, aprikot, apel, pir, dan melon.

3. Sayuran hijau

Antioksidan, vitamin C, E, dan beta-karoten banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau. Mereka mempuyai sifat meningkatkan kekebalan tubuh, selain juga melindungi terhadap penyakit kanker, radang sendi, dan jantung. Sayuran memainkan peran penting dalam pembaruan kulit dan penghapusan radikal bebas berbahaya. Sayuran juga memiliki efek promotor antipenuaan.

Sumber: Bayam, buncis, brokoli, kubis, wortel, dan mentimun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com