Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Krim Wajah Lebih Disukai daripada Botox

Kompas.com - 29/08/2011, 12:14 WIB

KOMPAS.com — Memiliki wajah yang cerah dan tampak awet muda adalah dambaan semua orang. Jika Anda berniat untuk mempertahankannya sekaligus mendapatkan tanggapan yang positif dari lingkungan, sebaiknya pilih memakai krim kosmetik ketimbang melakukan botox.

Dalam sebuah penelitian terungkap, orang yang memilih cara-cara konvensional untuk mempertahankan kemudaan wajahnya, yakni memakai krim wajah, mengaku lebih mendapat perlakuan hangat dan jauh dari kesan sombong, dibandingkan dengan pengguna botox, suntikan penghilang kerut.

"Di balik tekanan untuk selalu tampil menarik dalam kehidupan sosial, ternyata ada dampak sosial negatif yang harus ditanggung oleh mereka yang memilih cara ekstrem demi penampilannya," kata ketua peneliti Alison Chasteen, profesor psikologi dari Universitas Toronto.

Dalam penelitiannya, Chasteen meminta 260 wanita untuk membaca tentang wanita yang berusia 50, 60, dan 70 tahun, yang menggunakan krim wajah atau injeksi botox agar terlihat tetap muda. Separuh partisipan berusia muda (rata-rata 18 tahun) dan sisanya berusia lanjut (rata-rata 70 tahun).

Responden yang berusia lanjut memiliki perasaan yang positif terhadap wanita yang melakukan upaya untuk mencegah penuaan, apa pun jenisnya dibanding responden berusia muda. Akan tetapi, secara umum para responden merasa wanita yang memakai krim wajah lebih bersahaja dan lebih disukai.

Dalam penelitian kedua, 100 partisipan wanita diminta membaca tentang empat jenis upaya wanita mempertahankannya kecantikannya, yakni menghindari sinar matahari, memakai krim wajah, melakukan suntik botox, dan melakukan penarikan wajah (facelift).

Sekali lagi, para responden kebanyakan menyukai wanita yang menjaga kecantikannya secara biasa-biasa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com