Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merangsang Otak dengan TTS

Kompas.com - 05/09/2011, 11:15 WIB

Kompas.com - Tampaknya sepele, sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa teka-teki silang alias TTS punya manfaat untuk merangsang kerja otak. Tidak hanya untuk kaum muda, tetapi juga untuk mereka yang sudah masuk kategori senior citizen.

Selain merangsang kerja otak, teka-teki silang (TTS) juga bisa menambah perbendaharaan kata. Dan tentu saja menjadi salah satu kegiatan favorit untuk mengisi waktu di mana saja.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa TTS bisa dijadikan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan:

- TTS menguji daya ingat. Semua pertanyaan yang ada menuntut Anda untuk mengingat nama, tempat, peristiwa, kata-kata asing, dan hal-hal lain yang kadang bahkan tidak terpikir.

- Semakin sering Anda berkutat dengan TTS, semakin Anda ingin mengandalkan daya ingat sendiri, tanpa harus bertanya pada orang lain.

- Beberapa kata menjadi kata reguler yang ada di TTS. Dengan demikian, semakin sering Anda mengisi TTS akan semakin mudah Anda menyelesaikannya.

- TTS juga membantu Anda untuk mendisiplinkan diri. Kebanyakan TTS membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyelesaikannya. Ketika mulai mengisi TTS, tanpa disadari Anda akan melakukan komitmen mental: duduk selama satu jam, tekun menyelesaikan TTS, tanpa melakukan hal yang lain. Kegiatan itu membantu pikiran Anda fokus pada satu hal dan tetap tajam.

- TTS juga membuat Anda melakukan eksplorasi. Selain bertanya pada orang lain, jika Anda terjebak pada satu pertanyaan sulit, Anda bisa surfing di internet untuk mencari jawaban, membuka ensiklopedia dan berbagai buku lain.

- TTS juga membuat Anda selalu ingin tahu. Sifat ingin tahu bukanlah monopoli anak-anak. Anda yang sudah dewasa pun wajib untuk terus mau tahu. Bisa jadi, ketika mengisi TTS, Anda menemukan salah satu jawaban yang menarik dan lantas ingin lebih jauh tentang kata tersebut.

- Agar otak selalu terasah, Anda harus mengisi TTS secara reguler. Anda bisa membuat target dengan mengisi TTS setidaknya beberapa hari dalam sepekan atau setiap kali Anda punya waktu luang. Tidak perlu setiap hari.

- Satu lagi, jika Anda ingin lebih tertantang, cobalah TTS dalam bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Dengan demikian perbendaharaan kata bahasa Inggris Anda akan bertambah dengan sendirinya. Selamat asah otak!

(GHS/Dian Savitri)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com