Kamis, 2 Oktober 2014 17:27
U19 banner dropdown

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

Merangsang Otak dengan TTS

Senin, 5 September 2011 | 11:15 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

Kompas.com - Tampaknya sepele, sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa teka-teki silang alias TTS punya manfaat untuk merangsang kerja otak. Tidak hanya untuk kaum muda, tetapi juga untuk mereka yang sudah masuk kategori senior citizen.

Selain merangsang kerja otak, teka-teki silang (TTS) juga bisa menambah perbendaharaan kata. Dan tentu saja menjadi salah satu kegiatan favorit untuk mengisi waktu di mana saja.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa TTS bisa dijadikan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan:

- TTS menguji daya ingat. Semua pertanyaan yang ada menuntut Anda untuk mengingat nama, tempat, peristiwa, kata-kata asing, dan hal-hal lain yang kadang bahkan tidak terpikir.

- Semakin sering Anda berkutat dengan TTS, semakin Anda ingin mengandalkan daya ingat sendiri, tanpa harus bertanya pada orang lain.

- Beberapa kata menjadi kata reguler yang ada di TTS. Dengan demikian, semakin sering Anda mengisi TTS akan semakin mudah Anda menyelesaikannya.

- TTS juga membantu Anda untuk mendisiplinkan diri. Kebanyakan TTS membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyelesaikannya. Ketika mulai mengisi TTS, tanpa disadari Anda akan melakukan komitmen mental: duduk selama satu jam, tekun menyelesaikan TTS, tanpa melakukan hal yang lain. Kegiatan itu membantu pikiran Anda fokus pada satu hal dan tetap tajam.

- TTS juga membuat Anda melakukan eksplorasi. Selain bertanya pada orang lain, jika Anda terjebak pada satu pertanyaan sulit, Anda bisa surfing di internet untuk mencari jawaban, membuka ensiklopedia dan berbagai buku lain.

- TTS juga membuat Anda selalu ingin tahu. Sifat ingin tahu bukanlah monopoli anak-anak. Anda yang sudah dewasa pun wajib untuk terus mau tahu. Bisa jadi, ketika mengisi TTS, Anda menemukan salah satu jawaban yang menarik dan lantas ingin lebih jauh tentang kata tersebut.

- Agar otak selalu terasah, Anda harus mengisi TTS secara reguler. Anda bisa membuat target dengan mengisi TTS setidaknya beberapa hari dalam sepekan atau setiap kali Anda punya waktu luang. Tidak perlu setiap hari.

- Satu lagi, jika Anda ingin lebih tertantang, cobalah TTS dalam bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Dengan demikian perbendaharaan kata bahasa Inggris Anda akan bertambah dengan sendirinya. Selamat asah otak!

(GHS/Dian Savitri)

 


Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui