Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 7 Penyebab Lidah Bengkak

Kompas.com - 05/09/2011, 13:28 WIB

KOMPAS.com - Masalah pembengkakan pada lidah memang terasa mengganggu, bahkan bisa sangat menyakitkan apabila terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Dr. Anna Feldweg dari Harvard Medical School, mengatakan, lidah bengkak umumnya terjadi karena masalah medis (pengobatan) atau reaksi negatif terhadap obat atau alergi.

Menurutnya, lidah bengkak merupakan suatu kondisi serius sehingga dibutuhkan segera upaya perawatan medis dengan pemberian epinefrin. Berikut ini adalah penyebab paling umum yang dapat memicu pembengkakan pada lidah.

* Obat: Sebagian besar kasus lidah bengkak terjadi akibat reaksi dari beberapa obat-obatan tertentu seperti ACE Inhibitor-yang digunakan dalam mengobati hipertensi atau NSAID (non-steroid anti-inflammatory drugs) seperti aspirin, dan ibuprofen.

* Alergi makanan: Selain dari reaksi alergi terhadap obat, lidah bengkak juga bisa disebabkan karena reaksi alergi terhadap makanan tertentu lainnya seperti kacang-kacangan atau sengatan lebah.

* Infeksi Streptococcus: Dalam beberapa kasus yang cukup jarang terjadi, bakteri streptococcus ternyata dapat menyebabkan lidah bengkak. Untuk pengobatannya cukup diberikan antibiotik.

* Akromegali: Lidah bengkak juga bisa disebabkan karena akromegali. Akromegali adalah gangguan hormonal yang langka, yang menyebabkan produksi berlebih hormon pertumbuhan di kelenjar hipofisis.Jika penyakit tidak didiagnosis dan diobati pada tahap awal, dapat merusak organ-organ vital seperti ginjal, hati, limpa dan pankreas.

* Amiloidosis: Amiloidosis adalah gangguan metabolisme di mana terjadi penumpukan protein amiloid dalam organ dan jaringan, sehingga menyebabkan kerusakan atau penyakit. Dalam kasus ekstrim, amiloidosis bisa berakibat fatal.

* Angioedema: Angioedema adalah pembengkakan yang cepat dari jaringan mukosa dan sub mukosa. Hal ini biasanya muncul akibat reaksi alergi terhadap obat, terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi. Jika pembengkakan tersebut tidak segera ditangani bisa berisiko sesak napas.

* Down Syndrome: Orang dengan Down Syndrome biasanya akan mengalami pembengkakan lidah. Down syndrome adalah kelainan genetik dari kromosom 21. Kromosom ini terbentuk akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan yang mengakibatkan cacat mental dan fisik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com