Kamis, 2 Oktober 2014 11:22
U19 banner dropdown

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Kenali 7 Penyebab Lidah Bengkak

Penulis : Bramirus Mikail | Senin, 5 September 2011 | 13:28 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

KOMPAS.com - Masalah pembengkakan pada lidah memang terasa mengganggu, bahkan bisa sangat menyakitkan apabila terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Dr. Anna Feldweg dari Harvard Medical School, mengatakan, lidah bengkak umumnya terjadi karena masalah medis (pengobatan) atau reaksi negatif terhadap obat atau alergi.

Menurutnya, lidah bengkak merupakan suatu kondisi serius sehingga dibutuhkan segera upaya perawatan medis dengan pemberian epinefrin. Berikut ini adalah penyebab paling umum yang dapat memicu pembengkakan pada lidah.

* Obat: Sebagian besar kasus lidah bengkak terjadi akibat reaksi dari beberapa obat-obatan tertentu seperti ACE Inhibitor-yang digunakan dalam mengobati hipertensi atau NSAID (non-steroid anti-inflammatory drugs) seperti aspirin, dan ibuprofen.

* Alergi makanan: Selain dari reaksi alergi terhadap obat, lidah bengkak juga bisa disebabkan karena reaksi alergi terhadap makanan tertentu lainnya seperti kacang-kacangan atau sengatan lebah.

* Infeksi Streptococcus: Dalam beberapa kasus yang cukup jarang terjadi, bakteri streptococcus ternyata dapat menyebabkan lidah bengkak. Untuk pengobatannya cukup diberikan antibiotik.

* Akromegali: Lidah bengkak juga bisa disebabkan karena akromegali. Akromegali adalah gangguan hormonal yang langka, yang menyebabkan produksi berlebih hormon pertumbuhan di kelenjar hipofisis.Jika penyakit tidak didiagnosis dan diobati pada tahap awal, dapat merusak organ-organ vital seperti ginjal, hati, limpa dan pankreas.

* Amiloidosis: Amiloidosis adalah gangguan metabolisme di mana terjadi penumpukan protein amiloid dalam organ dan jaringan, sehingga menyebabkan kerusakan atau penyakit. Dalam kasus ekstrim, amiloidosis bisa berakibat fatal.

* Angioedema: Angioedema adalah pembengkakan yang cepat dari jaringan mukosa dan sub mukosa. Hal ini biasanya muncul akibat reaksi alergi terhadap obat, terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi. Jika pembengkakan tersebut tidak segera ditangani bisa berisiko sesak napas.

* Down Syndrome: Orang dengan Down Syndrome biasanya akan mengalami pembengkakan lidah. Down syndrome adalah kelainan genetik dari kromosom 21. Kromosom ini terbentuk akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan yang mengakibatkan cacat mental dan fisik.


Sumber :
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui