Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandarusa, Pil KB Khusus Pria Siap Diproduksi

Kompas.com - 06/09/2011, 07:22 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Gandarusa, pil antihamil khusus untuk pria telah siap produksi. Tablet atau pil KB pria ini sudah terbukti sangat ampuh mencegah kehamilan pada sang istri.

Adalah dosen farmasi Universitas Airlangga (Unair), Bambang Prayogo, yang berhasil mengambil ekstrak daun gandarusa (gendarussa vulgaris nee). Dengan memanfaatkan daun tumbuhan ini, Bambang telah mengujikan kepada ratusan pasangan usia subur.

“Mereka adalah para aseptor keluarga berencana. Setelah kita ujicobakan, berhasil. Gandarusa memang bisa mencegah pembuahan pada pasangan. Bahkan, para pria mengaku makin jantan,” ucap Bambang di kampusnya beberapa waktu lalu.

Rektor Unair Prof Fasich sangat mengapresiasi temuan ini. Fasich menyatakan terus mendukung dan telah memfasilitasi produksi pil gandarusa dengan pihak ketiga.“Tahun ini, pil KB khusus pria gandarusa siap diproduksi,” jelas Fasich, Senin (5/9/2011).

Bambang kini telah dipercaya Badan Koordinator Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Lembaga pemerintah ini siap menampung seluruh pil ekstrak gandarusa hasil ciptaan Bambang.

Bahkan PT Indo Farma, salah satu produsen obat terbesar, juga sudah menyekesaikan uji klinis dan siap memproduksi secara massal. “BKKBN, PT Indo Farma, dan Unair sudah meneken MoU,” tambah Fasich.

Ekstrak daun gandarusa temuan Wakil Dekan III Fakultas Farmasi Unair tersebut telah meyakinkan dunia kesehatan. Karena telah menjadi kontasepsi sakti bagi pria ini, kini tanaman gandarusa terus dibudidayakan di wilayah-wilayah di Jatim. Seperti di Mojokerto, Jombang, Pasuruan, dan daerah lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com