Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASI Eksklusif Cerdaskan Otak

Kompas.com - 06/09/2011, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Kecerdasan dan kekuatan otak anak bisa ditunjang dengan pemberian ASI. Sebuah studi terbaru di Inggris menunjukkan,anak-anak berusia 5 tahun yang saat bayi mendapatkan ASI eksklusif mempunyai nilai lebih tinggi dalam hal penguasaan kosakata dan penalaran dibandingkan yang tidak mendapatkan ASI.  

Pemberian ASI juga dapat memberikan manfaat kesehatan di awal kehidupan buah hati Anda, seperti mengurangi risiko infeksi penyakit.

"Ada asam lemak esensial dalam ASI yang baik untuk pengembangan sel dan perkembangan otak pada khususnya," kata Amanda Sacker, Institut Penelitian Sosial dan Ekonomi, di University of Essex.

Selain itu Sacker berpendapat kemungkinan ada perbedaan hormon dan faktor pertumbuhan yang kurang dalam susu formula. "Anak-anak yang mendapat ASI juga mendapatkan lebih banyak pelukan, dan ini memberikan semacam keuntungan juga untuk mereka," tambahnya.

Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan terhadap sekitar 12.000 bayi yang lahir di Inggris pada tahun 2000-2002. Sacker mengatakan, temuan yang akan diterbitkan dalam The Journal of Pediatrics ini mengarah pada hubungan sebab-akibat.

Sementara itu, Dr David McCormick, spesialis anak di The University of Texas Medical Branch, Galveston mengatakan, menyusui sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh serta perkembangan fungsi otak.

"Ada begitu banyak keuntungan lain daripada sekedar keuntungan IQ. Bukti selalu menunjukkan ASI eksklusif adalah yang terbaik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com