Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Terbaik Hindari Diabetes

Kompas.com - 06/09/2011, 14:40 WIB

Kompas.com - Diabetes adalah sebuah penyakit yang menyerang secara diam-diam namun akibatnya bisa menjadi sebuah bencana. Itu sebabnya penting bagi kita untuk memeriksakan darah guna mewaspadai naiknya glukosa.

Meski hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes, namun sebenarnya penyakit ini bisa kita cegah. Para pakar kesehatan telah menemukan beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit yang menyerang 8,6 juta orang di Indonesia ini.

Dalam studi teranyar dan terbesar, para ahli berhasil merumuskan 5 langkah pencegahan diabetes. Menjadikan salah satu dari kebiasaan sehat berikut ini diketahui akan mengurangi risiko terkena diabetes. Jika Anda termotivasi untuk menjadikan tiga atau empat langkah ini sebagai gaya hidup Anda, bahkan risikonya berkurang 80 persen.

1. Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko utama untuk diabetes orang dewasa. Hal ini penting untuk siapa pun, tetapi menjadi luar biasa untuk Anda yang memiliki riwayat diabetes melitus dalam keluarga.

"Memiliki berat badan normal dengan sendirinya mengurangi risiko terkena diabetes sebesar 60 sampai 70 persen," kata Jarad Reis, seorang peneliti dari Divisi Ilmu Kardiovaskular AS di National Heart, Lung, and Blood Institute

2. Tidak merokok Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 200.000 orang berusia 50-71 tahun yang tetap sehat, diketahui tidak ada yang pernah menjadi perokok atau minimal tidak merokok dalam 10 tahun terakhir.

3. Aktif secara fisik

Latihan olahraga aerobik yang teratur tidak hanya membantu Anda mengendalikan berat badan tetapi juga membuat sel-sel tubuh lebih bersedia menerima insulin. Disarankan untuk berolahraga sedikitnya 5 kali dalam sepekan.

4. Makan secara benar

Ini berarti Anda harus menyantap makanan-makanan yang miskin lemak jenuh dan kaya serat. Demikian juga halnya dengan makanan yang mengandung gula dan garam. Bila Anda sudah terkena diabetes, gula dalam jumlah kecil pun bisa membuat kadar gula darah meroket.

5. Menghindari alkohol

Bukan hanya diabetes melitus, risiko untuk terkena penyakit kronik lain juga akan berkurang jika Anda menghindari kebiasaan minum alkohol.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com