Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seks Saat Menstruasi

Kompas.com - 07/09/2011, 12:53 WIB

TANYA:

Dok, saya ingin bertanya apakah berbahaya melakukan hubungan saat saya masih mengeluarkan flek setelah menstruasi? Dan setiap melakukan hubungan saya selalu mengalami bleeding walaupun belum terjadi penetrasi dan Mr. P masih berada diujung mulut V, apa ada yang tidak beres dengan vagina saya?  

Ari (35), Tangerang

 

 

JAWAB:

Hubungan seksual ketika masih ada darah menstruasi sebenarnya tidak menimbulkan akibat apapun. Artinya tidak berbahaya apapun. Hubungan seksual terjadi di dalam vagina, sementara perdarahan terjadi di dalam rahim.

Informasi yang menyatakan bahwa hubungan seksual pada saat menstruasi dapat menimbulkan emboli, tidak pernah terbukti. Jadi ini tergolong informasi yang meyesatkan. Demikian juga informasi yang menyebutkan hubungan seksual saat menstruasi dapat menularkan penyakit.

Penularan penyakit hanya mungkin terhadi kalau salah satu pihak mengidap salah satu infeksi menular seksual. Penularan ini pun dapat terjadi dalam keadaan tidak menstruasi.

Tetapi kalau Anda selalu mengalami perdarahan setiap akan melakukan hubungan seksual, tentu ini tidak wajar. Apalagi kalau sebelum penetrasi sudah terjadi perdarahan. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi lebih jauh untuk mendapat pemeriksaan yang benar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com