Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksimalkan Kualitas Rumah dengan "Astagraha"

Kompas.com - 08/09/2011, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Sejak lama, fengshui yang dalam ilmu metafisika China disebut qi (dibaca: chi), dipercaya sebagai energi vital atau energi bumi. Fengshui yang berasal dari gabungan kata feng (angin) dan shui (air) menjadi dua daya dahsyat yang membentuk permukaan bumi dan qi ke seluruh permukaan bumi.

Fengshui kerap kali diterapkan untuk memaksimalkan qi positif dalam hunian. Menurut edukator dan praktisi fengshui, Erwin Yap, salah satu metode paling mudah diterapkan awam adalah astagraha.

Asta berarti delapan, graha berarti rumah. Metode ini berpatokan pada arah mata angin yang berjumlah delapan.

Menurut Erwin, ada dua gua (baca: kua) yang menjadi perhatian dalam astagraha, yaitu gua rumah (lokasi) dan gua pribadi (arah). Gua rumah untuk memetakan berbagai jenis qi di dalam rumah, sedangkan gua pribadi untuk menentukan arah duduk dan tidur yang baik bagi penghuni rumah. Nah, untuk mengetahui gua rumah, caranya adalah:

1. Pakailah kompas untuk mengetahui arah hadap rumah Anda. Arah hadap rumah adalah sisi rumah yang menghadap jalan atau arah hadap muka rumah yang dimaksudkan arsitek saat mendesain rumah. Setelah mendapatkan arah hadap, baru mengetahui arah duduk (arah duduk adalah lawan dari arah hadapnya). Jika arah hadap rumah adalah timur, maka arah duduknya adalah barat.

2. Siapkan denah rumah. Gambar sembilan petak yang sama besarnya di atas denah rumah. Tandai semua petak luar dengan arah-arah mata angin, mulai dari arah duduk rumah ke petak lain sesuai dengan arah mata angin kompas.

3. Dalam astagraha dikenal pembahasan tentang gua rumah (lokasi) dan gua pribadi (arah). Gua rumah memetakan berbagai jenis qi di lokasi-lokasi dalam rumah, sementara gua pribadi untuk fine tuning arah duduk dan tidur para penghuninya. Berpedoman pada tabel astagraha, salin ke delapan sifat qi yang gua-nya sama dengan gua rumah Anda.

4. Pelajari sifat qi dari masing-masing sektor. Ada 4 qi positif, yaitu:

- Sheng qi atau qi terkuat: berguna mendukung keberhasilan finansial, kemakmuran, dan kekuasaan

- Tian Yi atau qi yang mendukung kesehatan yang baik, vitalitas, dan daya penyembuhan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com