Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Nyeri Kaki pada Ibu Hamil

Kompas.com - 12/09/2011, 16:13 WIB

KOMPAS.com - Selama masa kehamilan, tak jarang para ibu hamil mengalami pembengkakan pada pergelangan kaki. Kondisi seperti ini merupakan hal wajar. Roger W. Harms pakar kebidanan dari Mayo Clinic mengatakan, banyak faktor yang berkontribusi terhadap pembengkakan pergelangan kaki selama kehamilan (termasuk perubahan hormon).

Pada kondisi ini, untuk pertama kalinya tubuh akan memproduksi dan mempertahankan lebih banyak cairan selama kehamilan. Di samping itu, rahim yang membesar akan menekan pembuluh darah, sehingga mengganggu kembalinya darah ke jantung. Situasi ini pada gilirannya dapat menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi pembengkakan pergelangan kaki saat hamil? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat Anda ikuti, menurut pemaparan Roger :

* Jangan berdiri terlalu lama

Hindari berdiri untuk waktu yang lama, dan jangan menyilangkan kaki. Untuk merilekskannya, Anda juga bisa sesekali memutar pergelangan kaki. Akan lebih baik lagi jika Anda berbaring dengan posisi kaki ditinggikan.

* Tidur menyamping

Jika bisa, tidurlah menyamping ke arah kiri. Posisi ini untuk menekan pembuluh darah vena cava inferior atau vena terbesar yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengangkat sedikit kaki Anda dengan menggunakan bantuan bantal.

* Kenakan stoking kompresi

Untuk mengatasi pembengkakan pada kaki, para dokter biasanya akan menganjurkan kepada Anda untuk mengenakan stoking kompresi. Stoking kompresi (juga dikenal sebagai stoking medis) digunakan untuk mengobati masalah dengan sirkulasi darah dan cairan di kaki.

* Minum banyak air

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com