Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turunkan Gula Darah dengan Tidur

Kompas.com - 14/09/2011, 10:22 WIB

KOMPAS.com — Selain makan dan minum, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia untuk hidup sehat. Tidur yang cukup tidak hanya mengurangi stres yang dirasakan sepanjang hari, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Efek penurunan gula darah tersebut hanya bisa didapatkan dengan tidur yang cukup. Hal itu terjadi karena riset terbaru menunjukkan, kurang tidur akan memicu resistensi insulin. Alasan lainnya adalah orang yang kurang tidur sering kali mengalami sleep apnea atau henti napas sejenak yang sering dikaitkan dengan penyakit diabetes.

Bukti ilmiah juga menunjukkan, tidur sendiri membantu tubuh menggunakan glukosa secara efisien.

Sebuah penelitian menemukan, orang yang tidur sekitar 5 jam setiap malam memiliki sensitivitas insulin 40 persen lebih rendah dibanding orang yang tidur 8 jam. Kebanyakan orang tidur 60-90 menit lebih sedikit dari waktu tidur yang sebenarnya dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com