Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan untuk Hilangkan Keloid

Kompas.com - 15/09/2011, 08:23 WIB

TANYA : 

Dok, saya memiliki keloid yang cukup banyak di bagian dada dan punggung. Sempat terpikir oleh saya untuk menjalani operasi plastik, supaya keloid-keloid ini tidak terlihat lagi. Apakah operasi plastik cukup aman? Bila tidak, pengobatan seperti apa dan dengan apa, yang dokter sarankan?

(Chandra, 22, Gresik)

JAWAB :

Keloid didapatkan ketika sel yang membentuk jaringan baru akibat luka, tumbuh melebihi luka yang sesungguhnya, sehingga didapatkan bekas luka yang timbul. Keloid bahkan bisa besar melebihi luka sesungguhnya yang membuat individu yang memiliki keloid tersebut menjadi merasa tidak nyaman dan menimbulkan gangguan kosmetik.

Sangat penting untuk mencegah terjadinya luka baru yang bisa menimbulkan keloid baru. Sejauh ini terapi untuk keloid yang sudah ada adalah dengan menggunakan injeksi kortikosteroid pada bekas luka, hal ini bisa efektif sampai sekitar 70 persen. Tetapi, angka kekambuhan juga cukup tinggi bisa mencapai 50 persen.

Jalan lain bisa dengan eksisi luka yang bisa dilakukan dengan kombinasi terapi medikasi pasca operasi. Akan tetapi, kemungkinan timbul kembali juga sangat besar, lainnya yang bisa dilakukan adalah cryosurgery, terapi radiasi, gel silikon, bahkan terapi interferon.

Saya sarankan Anda menemui dokter kulit Anda, memperlihatkan pada dokter Anda kondisi keloid Anda. Bagaimanapun juga, terapi dari keloid akan tergantung dari besarnya ukuran keloid, kedalaman serta lokasi dan tentu saja respon dari terapi sebelumnya yang sudah digunakan sangat mempengaruhi untuk pertimbangan terapi yang akan digunakan dan tentu saja mengetahui faktor predisposisi dari keloid Anda.  Semoga jawaban saya bisa membantu!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com