Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Imanuel Gelar Operasi Katarak Gratis

Kompas.com - 19/09/2011, 09:26 WIB

WAINGAPU, KOMPAS.com - Rumah sakit swasta, Imanuel di Waingapu, Sumba Timur, NTT menggelar operasi katarak gratis sebanyak 350 pasien dan operasi bibir sumbing gratis sebanyak 245 orang dalam jangka waktu 14 hari. Operasi melibatkan sejumlah dokter ahli bedah dari beberapa rumah sakit terkenal dari luar NTT.    

Direktur Rumah Sakit Umum Imanuel Waingapu, dr Dany Christian di Waingapu, Senin (19/9/2011) mengatakan, operasi gratis ini diprioritaskan bagi warga miskin yang tidak mampu sama sekali. Mereka ini datang dari berbagai daerah di Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.    

"Kami memberi pengumuman mengenai operasi gratis ini melalui gereja-gereja. September tahun ini kami melakukan operasi katarak sebanyak 350 orang dan bibir sumbing 245 orang selama dua pekan berturut-turut. Dalam kegiatan ini, pihak rumah sakit bekerjasama dengan Pemkab Sumba Timur dan sejumlah donatur dari luar terutama tenaga para dokter ahli,"kata Dany.    

Kegitan RSU Imanuel ini merupakan yang kelima kalinya sejak 2009-2011. Tahun 2010, Imanuel melakukan pembedahan terhadap lebih dari 500 pasien bibir sumbing, katarak dan gondok.

Tahun 2009, rumah sakit ini juga melakukan operasi terhadap 300-an pasien dengan kategori serupa. Semua dilakukan secara gratis, atas kerjasama dengan para dokter ahli dari berbagai rumah sakit di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com