Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputihan Disertai Nyeri Perut

Kompas.com - 20/09/2011, 14:14 WIB

TANYA:

Dokter, saya sering mengalami keputihan dan terasa sakit, nyeri di perut bagian kiri bawah. Apakah hal ini berbahaya atau tidak dok? Mohon jawabannya terimakasih.   Tata (22)

JAWAB:

Sayang sekali tidak dijelaskan apakah Tata ini nyonya atau nona. Pada prinsipnya tidak boleh ada keputihan yang disertai sakit di perut bawah. Keputihan sering dialami wanita, tapi tidak disertai bau, gatal atau sakit di daerah perut bawah.  Keputihan yang berulang dan disertai rasa sakit bisa mengakibatkan infeksi yang bisa merusak organ kandungan. Untuk itu harus segera diperiksakan ke dokter kandungan. Kalau perlu dilakukan pap smear.

Penting sekali diketahui fisiologi organ kandungan ini, karena pada keadaan normal memang ada kuman di vagina dalam keadaan stabil, sehingga upaya untuk pencegahan terjadinya penyakit pada organ kandungan sangat diperlukan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com