Kamis, 23 Oktober 2014 07:33
Caring by Sharing | Kompas.com

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Buah dan Vitamin Penghilang Rasa Lelah

Rabu, 21 September 2011 | 14:20 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK

KOMPAS.com - Tingginya tingkat aktivitas setiap hari membuat kebanyakan orang menjadi rentan mengalami kelelahan. Tingginya tingkat stres atau pun dampak penggunaan kafein juga dapat menyebabkan kelelahan jangka pendek.

Kelelahan tidak hanya menyebabkan rasa kantuk, tetapi juga dapat mengakibatkan kondisi kronis yang lebih serius di mana pada kasus ini Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Berikut ini adalag beberapa jenis vitamin yang terkandung di dalam jenis buah tertentu yang dapat membantu dalam mendapatkan kembali energi Anda :

1. Vitamin A

Beri merupakan buah kecil dengan manfaat yang besar, karena mengandung banyak antioksidan dan tentunya sumber energi. Menurut MedlinePlus, karbohidrat merupakan sumber energi terbesar untuk tubuh, dan mayoritas kalori yang terkandung dalam buah beri berasal dari karbohidrat.

Selain itu, buah beri seperti loganberries, blueberries dan boysenberries kaya akan vitaminn A yang membantu tubuh mempertahankan kesehatan jaringan, dan dr. Susan M. Lark mengatakan, di dalam buku The Menopause Self Help Book, bahwa vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin dan mineral yang dapat membantu menghilangkan rasa lelah. Selain itu, beri juga kaya akan asam folat dan vitamin C.

2. Vitamin C

Menurut para ahli dari University of Maryland Medical Center (UMMC), Vitamin C membantu melawan kelelahan kronik dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Dampak positif lainnya adalah vitamin C mampu melawan rasa lelah yang mendera Anda.

UMMC merekomendasikan untuk mengasup vitamin C sebanyak 250 miligram hingga 500 miligram dua kali setiap hari untuk membantu meningkatkan level  energi. Beragam jenis buah seperti stroberi, jeruk, dan jambu biji merupakan sumber vitamin C terbaik bagi tubuh. Secangkir penuh jus stroberi mengandung sekira 85 miligram vitamin C dan sebuah jeruk berukuran sedang mengandung 70 miligram vitamin C, sedangkan secangkir jus jambu biji mengandung vitamin C sebesar 350 miligram. Buah lainnya yang juga mengandung vitamin C, antara lain, markisa, kiwi, lemon, dan jeruk bali. 3. Vitamin B

Vitamin B juga merupakan jenis vitamin yang dapat membantu Anda mengatasi permasalahan gejala psikologis yang berkaitan dengan kelelahan, seperti perasaan sedih dan kurang motivasi, dengan membantu otak dalam menghasilkan zat kimia seperti serotonin yang secara langsung dapat mempengaruhi mood atau suasana hati.

Vitamin B yang paling membantu dalam melawan kelelahan antara lain pyridoxine atau vitamin B6; thiamine atau vitamin B1; asam pantothenic atau vitamin B5; dan biotin atau B7.  Sebagai tambahan, dr. Lark menjelaskan bahwa jenis vitamin B salin bekerja sama untuk melakukan fungsi metabolisme dasar yang mengatur tingkat vitalitas dan energi dari tubuh Anda.

Vitamin-vitamin B membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi bahan bakar yang menghasilkan energi. Temukan jenis-jenis vitamin ini dalam buah seperti alpukat, pisang, kurma, jambu biji, leci, mangga, buah delima, dan markisa.

Untuk menyeimbangkan, jangan lupa untuk menenggak banyak cairan, kurangi tingkat stress Anda, dan istirahat. Jika dua minggu atau lebih Anda masih merasa lelah, Mayo Clinic menyarankan agar Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda harus segera mencari bantuan medis jika kelelahan Anda disertai dengan pusing ringan, napas pendek, detak jantung menjadi cepat, atau nyeri dada.  (M10-11)


Sumber :
LiveStrong
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui