Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhenti Merokok Mempertajam Ingatan

Kompas.com - 21/09/2011, 14:29 WIB

Kompas.com - Tidak ada yang lebih baik untuk daya ingat kita selain pola hidup yang sehat, dengan banyak mengonsumsi makanan segar serta berhenti merokok. Para perokok yang berhenti merokok terbukti memiliki kemampuan memori yang lebih baik dibanding rekannya yang masih meneruskan kebiasaannya.

Walau belum jelas benar bagaimana mekanisme rokok merusak kemampuan memori, namun penelitian menunjukkan terlalu sering menghisap nikotin akan merusak area tertentu pada otak, terutama otak bagian depan, hipocampus atau thalamus, semuanya adalah bagian yang berkaitan dengan daya ingat.

Alkohol dan mariyuana juga mendatangkan masalah yang sama, yakni mengurangi kemampuan setiap sel otak untuk mengolah dan menyimpan informasi.

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin Tom Heffernan, dari Northumbria University di Inggris, para peneliti melakukan sebuah tes untuk menguji daya ingat para perokok yang sudah berhenti merokok selama 2,5 tahun.

Hasilnya terbukti mereka memiliki kemampuan daya ingat 25 persen lebih baik dibanding orang yang masih merokok. Sementara itu orang yang tidak pernah merokok memiliki daya ingat 37 persen lebih baik dibanding perokok.

"Berhenti merokok bukan cuma bermanfaat untuk tubuh tetapi juga meningkatkan fungsi kognitif, terutama daya ingat," kata Heffernan.

Studi sebelumnya menunjukkan berhenti merokok akan meningkatkan "memori restropektif", yakni kemampuan mengingat tindakan tertentu di masa depan. Misalnya kemampuan mengingat harus mengonsumsi obat secara teratur beberapa kali dalam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com