Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sariawan pada Anak

Kompas.com - 24/09/2011, 09:39 WIB

TANYA:

Dok, anak saya umur 1,5 tahun, sudah tiga hari ini rewel terus dan tidak mau makan atau minum susu, setelah saya periksa ternyata di lidahnya terdapat sariawan, padahal anak saya sering makan sayur dan buah. Mohon penjelasannya dok, bagaimana anak saya bisa terkena sariawan. Lalu bagaimana mengobatinya dan kira butuh waktu berapa lama bisa sembuh. Atas jawabannya terima kasih.   Budi (27), Pangkalan Bun

JAWAB:

Sariawan dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya karena higiene sekitar mulut yang kurang terjaga, defisiensi vitamin tertentu seperti vitamin C, penggunaan antibiotik yang tidak tepat, faktor menurunnya daya tahan tubuh seperti kondisi lelah, sedang sakit, faktor mekanik seperti trauma fisik/gesek saat menggosok gigi dan sebagainya.

Kemungkinan-kemungkinan tersebut dapat saja terjadi pada si kecil. Yang terpenting adalah tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang selama ini telah diajarkan kepadanya. Biasanya sariawan akan sembuh dalam 5-7 hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com