Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Ejakulasi atau Orgasme?

Kompas.com - 26/09/2011, 10:58 WIB

TANYA :

Saya ingin konsultasi Prof. Sudah sejak setahun lebih, kalau saya berhubungan dengan istri sulit sekali untuk ejakulasi walaupun sudah penetrasi lebih dari 1/2 jam dan istri saya sudah orgasme duluan. Pernah saya mencoba dengan wanita lain juga demikian, dalam arti ejakulasinya memerlukan waktu yang lama. Apa yang saya alami dan apa penyebabnya ya Prof? Sebagai informasi saya rutin berolahraga renang dan gym, karena saya memang suka oleh raga, demikian terima kasih sebelumnya.

(Aris Mahendra, 45, Kuala Lumpur)

 

JAWAB :

Ada hal yang perlu Anda jelaskan, apakah Anda sulit sekali mengalami ejakulasi (keluar sperma) tetapi dapat merasakan orgasme (kenikmatan), ataukah sulit ejakulasi dan sulit juga orgasme. Ada pria yang tidak mengalami ejakulasi tetapi dapat merasakan orgasme. Sebaliknya ada pria yang mengalami ejakulasi tetapi tidak merasakan orgasme.Saya tidak tahu yang mana yang Anda alami.

Sebagai contoh, pria yang mengalami diabetes tidak megalami ejakulasi ke luar karena terjadi ke dalam kandung kencing, tetapi tetap merasakan orgasme. Pada usia lanjut, cairan ejakulasi menjadi lebih sedikit, bahkan sangat sedikit. Ada juga pria yang tidak dapat mengalami ejakulasi di dalam vagina, walaupun dapat merasakan orgasme. Tetapi dengan rangsangan lain, dia dapat mengalami ejakulasi. Beberapa obat dapat memberikan efek samping berupa hambatan ejakulasi, tetapi tidak menghambat orgasme.

Semoga penjelasan awal ini memberikan masukan kepada Anda untuk dapat lebih memberikan informasi lebih jelas mengenai gangguan apa yang Anda alami.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com