Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boven Digoel Diminati Investor Kelapa Sawit

Kompas.com - 27/09/2011, 09:53 WIB

BOVEN DIGOEL, KOMPAS.com- Investor-investor perkebunan kelapa sawit menaruh minat besar membuka perkebunan di Kabupaten Boven Digoel, Papua. Kecocokan jenis tanah dan curah hujan menjadi faktor utama untuk membuka perkebunan kelapa sawit dalam skala besar di Boven Digoel.

Kepala Bagian Umum PT Socfindo (perusahaan penanaman modal asing) Bahri di Boven Digoel mengatakan, jenis tanah Boven Digoel, yakni latosol, sangat cocok untuk ditanami kelapa sawit. Hal itu didukung curah hujan yang tinggi mencapai 3.400 milimeter per tahun. "Kelapa sawit membutuhkan curah hujan yang cukup," katanya.

PT Socfindo berencana menanamkan investasi di Boven Digoel dengan membuka perkebunan kelapa sawit seluas 120.000 hektar, yakni di pinggiran sungai Digoel yang masuk Distrik Mandobo. Pihaknya kini sedang melaukan survei lapangan kawasan hutan yang akan di sulap menjadi perkebunan kelapa sawit.

Ini merupakan rencana pembukaan perkebunan terbesar dari pihak investor yang akan masuk ke Boven Digoel. Bahri mengatakan, pihaknya mengurus izin hak guna usaha sebelum memulau usaha.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com