Jumat, 28 November 2014 07:12

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Susu Bisa Cegah Diabetes Tipe 2

Penulis : Bramirus Mikail | Rabu, 5 Oktober 2011 | 09:03 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com — Manfaat minum susu sudah sejak lama diketahui baik untuk kesehatan. Tetapi sayang, tingkat konsumsi susu di beberapa negara masih rendah, termasuk di Indonesia.

Sebuah riset terbaru menunjukkan, minum segelas susu setiap hari dapat melindungi Anda dari penyakit diabetes tipe 2. Para peneliti di Harvard University mengklaim, minum susu selama masa remaja berpotensi menurunkan risiko seorang wanita terkena diabetes tipe 2.

Menurut peneliti, mereka yang ketika masa remajanya sudah terbiasa minum susu umumnya akan terus membawa kebiasaan tersebut saat mereka dewasa. Pada akhirnya hal itu akan memperpanjang usia kehidupan seseorang dan menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 43 persen.

Temuan tersebut berdasarkan pengamatan terhadap sejumlah anak remaja dan dewasa terkait dengan pola konsumsi dan risiko kesehatan lebih dari 37.000 wanita. Hasilnya menunjukkan, wanita yang mengonsumsi susu dan produk susu ketika remaja dan dewasa ditemukan berada pada risiko lebih rendah menderita diabetes tipe 2.

Di samping itu, remaja yang minum susu dan produk susu sekitar empat porsi sehari cenderung mempunyai berat badan yang ideal.

Dalam studi lain, para peneliti dari Harvard University juga mempelajari manfaat seumur hidup konsumsi susu sebagai sumber protein. Penelitian melibatkan lebih dari 440.000 orang dewasa dan menemukan bahwa risiko menderita diabetes hanya 17 persen ketika seseorang mengonsumsi susu. Temuan ini memperkuat lagi alasan mengapa kita harus mendapatkan segelas susu setiap harinya.






Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui