Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Amandel, Kapan Harus Dioperasi?

Kompas.com - 07/10/2011, 09:51 WIB

TANYA   Saya memiliki anak laki-laki usianya 6,9 tahun. Dalam satu tahun ini sudah 3 kali demam tinggi dan kata dokter disebabkan amandelnya meradang. Apa yg menyebabkan amandel jadi meradang, apa karena makanan dan makanan apa saja? Amandel yang bagaimana yang harus dioperasi dok? Karena kemarin dokter umumnya mengatakan jika amandel itu sudah dilevel 4 harus dioperasi, sementara saya takut amandelnya pecah. Mohon penjelasan dokter.   Adek (35), Riau

JAWAB :

Amandel/tonsil yang sering meradang pada anak tidak serta merta harus segera diangkat (operasi). Tindakan operasi dianjurkan bila terjadi pembesaran tonsil yang sampai menyebabkan gangguan/sumbatan jalan napas saat tidur (Obstructive Sleep Apnea Syndrome), atau radang amandel yang bersifat kronis dan menyebabkan gangguan aktifitasnya sehari-harinya.

Pada anak, fungsi amandel sangat penting dalam sistem kekebalan di daerah saluran napas atas. Atas pertimbangan tersebut maka tindakan operasi menjadi opsi terakhir pada kasus radang amandel, hanya pada kriteria yang jelas dan kuat. Radang amandel sendiri disebabkan karena infeksi oleh virus (sebagian besar), diikuti infeksi oleh bakteri. Sehingga pengobatannya adalah berdasarkan pertimbangan penyebabnya.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com