Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imunisasi Difteri Bisa Saja Tidak Efektif

Kompas.com - 10/10/2011, 11:18 WIB
Doddy Wisnu Pribadi

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Imunisasi untuk memberikan kekebalan penyakit difteri sudah ada dalam paket vaksin DPT pada setiap balita yang dijangkau paparan vaksinasi dengan cakupan yang cukup besar, 90-100 persen. Akan tetapi, respons setiap individu anak bisa berbeda, berhubungan dengan jadwal imunisasi yang kurang tepat, atau tubuh anak sendiri yang bisa saja tidak bereaksi menumbuhkan kekebalan.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Dr Mulyatim, Senin (10/10/2011).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Mursidah, Minggu, diberitakan telah menghadiri rapat para kepala dinkes se-Jawa Timur yang dipimpin Gubernur Jawa Timur Soekarwo, yang telah memberi peringatan perihal bahaya kejadian luar biasa difteri di Jawa Timur. "Hari Senin ini setelah apel pagi, dinkes menyelenggarakan rapat untuk membahas ini," katanya.

Di Kabupaten Malang belum ditemukan kasus meninggal dunia meski ada kasus kejangkitan difteri. Namun, Mulyatim belum mendapatkan informasi angka prevalensi (kemunculan) saat ini. Pengobatannya dikatakan sudah diketahui dan distribusi obatnya juga telah ada di Puskesmas sehingga jika kasusnya ditemukan, seharusnya penanggulangannya sudah terantisipasi dengan baik.

Demikian juga dengan pencegahannya melalui imuniasi yang seharusnya bisa mencapai 100 persen anak jika prosedur penjaringan anak berjalan dengan baik di tingkat puskesmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com