Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeriksaan Kesehatan di RS Premier Bintaro

Kompas.com - 21/10/2011, 08:01 WIB
Korano Nicolas LMS

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 34 calon peserta Jalajah Sepeda Kompas Jakarta-Palembang 2011 dengan panjang total sekitar 821 kilometer, mulai hari ini, Jumat (21/10/2011), hingga Rabu (26/10) akan melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Klinik Olahraga Rumah Sakit Premier Bintaro, yang termasuk dalam Ramsay Health Care Group, yang berpusat di Australia.

Menurut Muh Mahendrata Pringgondani, Kepala Hubungan Masyarakat RS Premier Bintaro, pemeriksaan dilakukan untuk menunjukkan kelaikan calon peserta bersepeda sejauh 90-154 kilometer per hari.

"Itu sebabnya, pemeriksaan kesehatan lebih dulu akan diawali dengan pemeriksaan darah dan urine untuk mengetahui kondisi internal, seperti masalah hipertensi," kata Pringgondani yang akrab disapa Dani.

Setelah itu, lanjutnya, akan dilakukan foto rontgen untuk mengetahui kondisi paru-paru calon peserta. "Pemeriksaan terakhir yakni pemeriksaan fisik yang akan dilakukan langsung oleh dr Haryo Tilarso SpKO. Tentu berbagai pemeriksaan fisik akan dilakukan untuk mengetahui kelaikan dan ketahanan fisik masing-masing calon peserta Jelajah Sepeda Kompas Jakarta-Palembang 2011," tambah Dani.

Dani mengatakan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Klinik Olahraga Rumah Sakit Premier Bintaro ini merupakan yang kedua kali. "Sebab sebelumnya kami juga pernah melakukan pemeriksaan kesehatan untuk calon peserta Jelajah Sepeda Kompas Surabaya-Jakarta untuk memperingati ulang tahun ke-45 harian Kompas yang lalu," ungkapnya.

Jelajah Sepeda Kompas 2011 itu sendiri akan berlangsung tanggal 3 hingga 9 November dari Jakarta menuju Palembang. Acara ini dilakukan untuk memeriahkan pelaksanaan SEA Games XXVI di Jakarta dan Palembang mulai tanggal 11 November.

Rute itu akan terbagi dalam sembilan etape yang dimulai pada tanggal 3 November. Etape pertama dari Jakarta-Merak (125 kilometer). Etape kedua dari Bakauheni ke Bandar Lampung (92 kilometer). Etape ketiga dari Bandar Lampung ke Kotabumi (115 kilometer). Etape keempat dari Kotabumi ke Martapura terus ke Baturaja (154 kilometer). Etape ke lima dari Baturaja ke Martapura dan terus ke Tanjung Enim (145 kolimeter). Etape keenam dari Tanjung Enim ke Prabu Mulih (90 kilometer). Etape ketujuh dari Prabu Mulih ke Palembang (100 kilometer).

Direncakan, Jelajah Sepeda Kompas Jakarta-Palembang ini akan diikuti 50 pesepeda. Selain dari KGC juga ada beberapa peserta dari organisasi sepeda lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com