Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Berat Badan Picu Ejakulasi Dini?

Kompas.com - 21/10/2011, 08:57 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya, bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini secara efektif? Apakah penyakit ini dapat disembuhkan secara total? Apakah terdapat pengaruh antara kelebihan berat badan dan cedera pada lumbal dengan ejakulasi dini? sebelum menikah, berat badan saya 68 kilogram dan setelah menikah 75 kilogram. Terima kasih.

(Adrian 27)

 

JAWAB :

Ejakulasi dini berkaitan dengan kurang berfungsinya serotonin di dalam tubuh. Akibatnya fungsi hambatan terhadap ejakulasi berkurang sehingga tidak dapat mengontrol terjadinya ejakulasi.

Teori lain mengaitkan ejakulasi dini dengan kebiasaan masa lalu yang ingin segera merasakan orgasme dan ejakulasi. Tetapi ejakulasi yang tidak terkontrol, juga terjadi kalau ereksi penis tidak optimal. Karena itu, pria yang mengalami gangguan ereksi, hampir pasti mengalami ejakulasi yang cepat tidak terkontrol.

Kelebihan berat badan tidak secara langsung menyebabkan ejakulasi dini. Tetapi kalau kegenukan mengakibatkan hambatan secara fisik dalam melakukan hubungan seksual, boleh jadi ada pengaruh terhadap kontrol ejakulasi.

Kalau kegemukan berkaitan dengan penyakit atau gangguan lain, boleh jadi ereksi terganggu, yang pada akhirnya mengakibatkan tidak mampu mengontrol ejakulasi. Cedera pada lumbal, kalau pun menimbulkan akibat, pada umumnya mengenai ereksi, bukan langsung pada ejakulasi dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com