Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Jadi Rujukan Kesehatan Anak

Kompas.com - 21/10/2011, 15:11 WIB

KOMPAS.com Internet kini menjadi salah satu rujukan dan andalan banyak orang dalam mencari informasi kesehatan. Bahkan, satu dari delapan orangtua memilih mencari informasi medis di internet seputar kondisi penyakit anaknya sebelum mereka membawanya ke dokter.

Bukan hanya itu, para orangtua juga bersedia melakukan penelusuran informasi di situs medis yang disarankan oleh dokter anak mereka. Karena itu, para dokter anak seharusnya mempersiapkan dirinya untuk menjawab keingintahuan para orangtua akan kondisi kesehatan anak mereka.

Kepercayaan para orangtua yang tinggi terhadap informasi kesehatan di internet tersebut disimpulkan dari penelitian yang dilaporkan dalam konferensi American Academy of Pediatrics di Boston, AS, minggu ini.

Hasil penelitian yang dilakukan Dr Purvi Shroff dari University of Louisville, Kentucky, AS, itu dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap 240 orangtua atau wali anak yang memiliki akses internet.

Diketahui 12 persen orangtua melakukan konsultasi online mengenai kondisi kesehatan anak mereka dalam 24 jam terakhir dan separuh responden mengaku menggunakan internet dalam tiga bulan terakhir untuk mencari informasi seputar penyakit dan kesehatan anak-anak.

Situs yang paling sering dikunjungi para orangtua adalah WebMD dan Wikipedia. Beberapa orangtua juga mengandalkan informasi yang tersedia di situs Center for Disease Control and Prevention (pusat pencegahan dan pengendalian penyakit) yang dimiliki pemerintah. Situs lain yang jadi favorit para orangtua adalah American Academy of Pediatrics Healthy Children.

Mayoritas orangtua juga mengatakan, mereka sangat antusias mengunjungi situs yang direkomendasikan oleh dokter anak mereka.

"Keinginan untuk mempelajari lebih banyak tentang kesehatan anak dan mengambil keputusan yang tepat adalah hal yang penting. Tetapi, ketika mencarinya di internet, sangat penting untuk memilih situs yang terpercaya dan informasinya memang benar mengenai kesehatan anak," kata Dr Shroff.

Ia menambahkan, sebelum membuat keputusan mengenai kondisi kesehatan anak, sebaiknya orangtua berdiskusi dengan dokter anak mengenai apa yang mereka baca di internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com