Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menabung untuk Perjalanan Wisata

Kompas.com - 21/10/2011, 17:06 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com – Untuk melakukan suatu perjalanan wisata diperlukan sejumlah dana yang cukup atau bahkan lebih sebagai dana tak terduga. Anda perlu merencanakan anggaran dana untuk berbagai kebutuhan nantinya.

Namun terkadang suatu perjalanan wisata dapat batal karena kekurangan dana. Padahal hal ini terjadi karena semata tidak dapat mengatur uang dengan baik ataupun adanya anggaran wisata yang terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan perencanaan yang cermat maka Anda dapat menyimpan uang Anda untuk anggaran perjalanan wisata Anda seperti untuk transportasi, akomodasi, jalan-jalan, belanja, makan dan hiburan.

Kita cenderung menitikberatkan pada biaya yang mudah dihitung pada perjalanan wisata. Namun terkadang kita mengabaikan bahwa terdapat biaya tak terduga yang biasanya melebihi anggaran yang telah kita pertimbangkan.

Sebelum Anda berpergian, rencanakan barang-barang apa saja yang harus Anda beli. Misalnya jika Anda ingin berwisata ke pantai, mungkin Anda memerlukan pakaian renang baru. Jika Anda ingin berwisata ke gunung, pastikan bahwa sepatu hiking Anda dalam keadaan masih layak untuk digunakan.

Jangan sampai ketika mendekati hari H, ternyata sepatu hiking Anda kekecilan ataupun rusak. Cari informasi produk-produk bagus namun harganya sesuai dengan dana yang Anda anggarkan. Bandingkan harga sejenis dengan merk yang berbeda.

Biaya sebenarnya tergantung pula dari transportasi yang akan Anda gunakan nanti, namun jangan lupakan biaya tambahan dari transoportasi, seperti biaya service bila mobil Anda mengalami mogok. Termasuk perhitungkan biaya bensin, biaya parkir, maupun biaya jasa penggunaan supir.

Kurangi sifat konsumtif. Mulai kurangi berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan dengan cara membuat daftar barang-barang yang Anda butuhkan.

Sementara waktu, demi wisata yang Anda idamkan, usahakan lebih banyak makan di rumah atau jika Anda kerepotan untuk memasak karena tinggal sendiri, mulailah membeli makanan di warung atau cari yang tidak terlalu mahal.

Selain itu, cobalah menggunakan kendaraan umum pada hari-hari kerja. Sebab, ongkos yang diperlukan jauh lebih murah dibandingkan naik mobil.

Tambahkan persentase uang Anda untuk menabung ketimbang konsumsi. Persentasikan uang Anda untuk ditabung lebih dari 50%.

Sehingga pada saat Anda menerima gaji, Anda harus membatasi jumlah uang yang dapat Anda gunakan untuk konsumsi ataupun bersenang-senang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com