Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspirin Kurangi Risiko Kanker Usus

Kompas.com - 29/10/2011, 08:09 WIB

Kompas.com — Mereka yang berisiko tinggi menderita kanker usus, misalnya ada riwayat keturunan, bisa menurunkan risikonya dengan cara mengonsumsi aspirin setiap hari.

Hal itu dibuktikan lewat studi yang dilakukan di Inggris oleh Sir John Burn dari Newcastle University. Ia dan timnya mengamati 861 orang yang menderita sindrom Lynch, kecenderungan untuk menderita kanker akibat keturunan.

Burn memberikan para pasien itu 600 mg aspirin setiap hari. Ia mengatakan, manfaat pencegahan kanker dari aspirin lebih kuat saat pasien mulai mengonsumsinya di akhir usia 40 atau 50 tahun.

Walau begitu, aspirin memiliki efek samping perdarahan dalam. "Jika kita memberi seluruh pasien aspirin, ada 10.000 kasus kanker yang dicegah, tetapi ada 1.000 orang yang mengalami perdarahan usus," katanya.

Dalam penelitian lain pada tahun 2010 juga disimpulkan, aspirin berdosis 75 mg setiap hari bisa menurunkan risiko kematian dari seluruh kanker.

Bila Anda ingin mengonsumsi aspirin setiap hari, Burn menyarankan untuk berkonsultasi dulu ke dokter. "Tapi jika ada riwayat kanker yang besar dari keluarga, bisa dipertimbangkan untuk melakukan pencegahan dengan cara ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com