Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sering Berkeringat Saat Tidur, Normalkah?

Kompas.com - 29/10/2011, 12:05 WIB

TANYA:

Dok, saya mau tanya anak saya usia 2 tahun, berat badan 12 kg. Sekarang ini ia susah sekali makan. Selain itu, kalau sedang tidur keringatnya keluar banyak sekali, baik pada cuaca panas maupun dingin. Saya pernah berkonsultasi tapi katanya tidak apa-apa. Namun saya tidak yakin apakah anak saya itu sehat dok.

Firawati (27), Sukabumi

 

JAWAB:

Seorang anak yang sehat dapat saja mengalami kondisi seperti si kecil, yaitu berkeringat saat ia tidur. Saat tidur, hormon pertumbuhan akan meningkat dan metabolisme di dalam tubuh juga meningkat untuk memberikan kesempatan sel-sel atau jaringan tubuh memperbaiki sel-sel yang sudah rusak.

Peningkatan metabolisme tubuh juga akan menghasilkan panas yang akan dikeluarkan melaluikeringat. Hal inilah yang terjadi saat tidur.

Bila tidak ada kondisi lain seperti demam berkepanjangan, tubuh yang lemah, serta sering menderita sakit, maka berkeringat saat tidur adalah normal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com