Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Pria Ogah Pakai Kondom

Kompas.com - 02/11/2011, 09:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi telah terbukti dapat mencegah kehamilan dan mengurangi risiko penularan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Penggunaan karet pengaman ini pun mudah, selain harganya lebih terjangkau  ketimbang jenis kontrasepsi lain. Namun sayang, penggunaan kondom di masyarakat nyatanya masih sangat rendah dibandingkan jenis kontrasepsi lain, yakni kurang dari 10 persen.

Menurut Koordinator Pelayanan Medis Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesiaa (PKBI) DKI Jakarta, Bondan Widjajanto, banyak alasan yang melatarbekangi redupnya popularitas kondom.

Setidaknya ada 6 (enam) alasan mengapa pemakaian kondom di kalangan pria masih minim :

1. Kontrasepsi "hanya untuk perempuan (isteri)"

Selama ini, penggunaan kontrasepsi kerap dibebankan kepada kaum perempuan. Padahal, pria juga mempunyai peran penting dalam mencegah kehamilan dan penularan infeksi penyakit menular seksual. Apalagi jika melihat kenyataan di lapangan bahwa pria sebagai individu yang paling berisiko menularkan penyakit infeksi menular seksual karena perilaku seksual yang cenderung berisiko.

2. Tidak nyaman (sensasi berkurang)

Kebanyakan pria malas menggunakan kondom karena merasa kenikmatan dan sensasi saat berhubungan seksual berkurang. Padahal, desain kondom yang saat ini diproduksi sudah sangat tipis, elastis dan tahan lama sehingga tidak menghilangkan sensitivitas secara keseluruhan.

3. Stigma kondom sebagai alat seks bebas

Tidak benar jika ada anggapan yang mengatakan penggunaan kondom sebagai pendorong seks bebas. Masih adanya anggapan keliru di masyarakat yang berangangapan bahwa penggunaan kondom mendukung seks bebas membuat sosialisasi dan penerapannya tidak berjalan lancar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com