Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Alkohol di Masa Menyusui!

Kompas.com - 02/11/2011, 15:44 WIB

KOMPAS.com - Mengonsumsi minuman beralkohol di masa-masa menyusui ASI bukanlah suatu keputusan yang baik. Salah jika ada anggapan yang mengatakan, konsumsi alkohol tidak akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI.

Menurut penjelasan Roger W. Harms, M.D, spesialis kandungan dari Mayo Clinic apabila selama masa menyusui seorang ibu tetapi  mengonsumsi alkohol, maka alkohol tersebut dapat masuk ke dalam ASI - dengan konsentrasi yang sama seperti yang ditemukan di dalam aliran darah.

Penelitian menunjukkan, bayi yang mendapatkan ASI dengan kontaminasi alkohol (satu gelas sehari), mungkin memiliki gangguan perkembangan motorik. Bahkan akibat pengaruh alkohol tersebut, bayi akan mengalami perubahan dalam pola tidur.

Penelitian terhadap sekitar 400 bayi yang pernah dipublikai dalam  The New England Journal of Medicine pada 1989 menunjukkan adanya keterlambatan perkembangan motorik pada bayi ASI saat usia setahun.  Bayi-bayi ini memeroleh ASI dari ibunya yang minum alkohol setidaknya sekali setiap hari saat tiga bulan pertama setelah kelahiran.

Temuan tersebut sekaligus menepis anggapan keliru yang mengatakan bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan produksi air susu. Riset menunjukkan bahwa alkohol justru mengurangi produksi susu dan bahwa kehadiran alkohol dalam ASI menyebabkan bayi hanya mendapatkan ASI 20 persen lebih sedikit.

Roger mengatakan, jika Anda memilih untuk mengonsumsi minum beralhohol, sebaiknya hindari pemberian ASI sampai kandungan alkohol benar-benar bersih dari ASI Anda.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menunggu antara 2-3 jam untuk sekitar 12 ounce (340 gram) dari bir dengan kandungan 5 % alkohol, 5 ounce (141,75 gram) dari wine beralkohol 11 persen, atau 1,5 ounce minuman beralkohol 40 persen .  Kadar alkohol dalam tubuh (dan kadar alkohol dalam ASI) akan mencapai puncaknya dalam waktu 30 hingga 90 menit setelah Anda minum. Namun patokan waktu tersebut – atau lamanya kadar alkohol berada di dalam darah – akan sangat bervariasi pada setiap orang, tergantung dari berat badannya.

Hal lain yang perlu diingat, kata Roger, memompa dan membuang ASI tidak perlu dilakukan karena tindakan tersebut tidak mempercepat penghapusan alkohol dari tubuh Anda. Menyusui adalah cara optimal untuk memberi makan bayi yang baru lahir dan dianjurkan sampai bayi berumur 1 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com