Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang Ngantuk? Mungkin Gejala Anemia

Kompas.com - 02/11/2011, 15:54 WIB

KOMPAS.com - Rasa mengantuk memang sering menghampiri setelah waktu makan siang. Namun, waspadai anemia jika Anda terus menerus merasa lesu, mudah mengantuk, dan kehilangan konsentrasi.

Anemia, dalam bentuknya yang paling sederhana, merupakan penyakit kekurangan sel darah merah yang membantu transportasi oksigen ke seluruh sel tubuh. Defisiensi sel darah merah bisa bersifat sementara dan bisa dengan mudah diatasi dengan pola makan, suplemen. Tetapi bisa juga berkembang menjadi serius dan memerlukan transfusi darah.

Ada sekitar 400 jenis anemia. Karena itu penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari volume darah haid yang banyak, kekurangan vitamin B atau folat, atau penyebab yang lebih serius seperti ketidakmampuan tubuh menyerap vitamin.

Anemia lebih sering diderita kaum perempuan. Jenis anemia yang banyak ditemui dan relatif mudah ditangani adalah anemia defisiensi zat besi. Kebanyakan perempuan, terutama yang tidak mengonsumsi daging, sering kekurangan zat besi sehingga tubuh kesulitan membentuk sel darah merah.

Akibat kekurangan zat besi ini tubuh akan mengalami gejala mudah lelah, lemah, sakit kepala, atau sulit berkonsentrasi akibat sel-sel tubuh tidak mendapatkan oksigen yang diperlukannya.

Banyak dari penderita anemia yang merasa kehabisan energi sehingga menjadi tidak produktif. Anemia defisiesi zat besi yang kronik bisa menimbulkan gejala sesak napas, warna kulit yang tidak merata, atau pun kuku menjadi rapuh.

Bila Anda merasa khawatir mungkin menderita anemia, lakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar zat besi dalam tubuh. Sangat penting untuk melakukan pencegahan, terutama pada wanita usia produktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com