Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Memaksakan Seks Anal

Kompas.com - 03/11/2011, 08:06 WIB

TANYA :

Dear Dokter, Saya baru menikah selama 3 bulan. Suami saya akhir-akhir ini sering mangajak saya untuk melakukan "anal sex". Tapi saya sering menolak dikarenakan saya merasa takut karena sepertinya akan sakit sekali. Selain itu, saya khawatir apabila melakukan "anal sex" akan berpengaruh terhadap sakit ambein yang saya derita walau sifatnya kambuhan yang akan muncul kalau saya sembelit atau mengangkat beban berat. Sedangkan saya belum memberitahu suami saya akan ambein yang saya derita karena malu. Pertanyaan saya, apakah aman melakukan "anal sex" walau saya memiliki ambeien, Dok?

(Desianti, 30, Jakarta)

 

JAWAB :

Hubungan seksual seharusnya dilakukan untuk kepentingan bersama suami istri. Kalau salah satu pihak tidak bersedia karena sesuatu sebab, maka pasangannya harus mengerti dan tidak memaksakan keinginannya. Demikian juga ketika suami Anda ingin melakukan anal sex, seharusnya tergantung juga kepada Anda. Kalau Anda keberatan karena alasan sakit atau apapun yang tidak Anda inginkan, semestinya suami memahami ini.

Hubungan anal sex tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan pelicin, karena anus tidak mengalami reaksi seksual seperti vagina. Kalau dipaksakan, pasti kedua pihak akan merasa sakit. Kelecetan pasti terjadi pada anus, dan juga pada penis. Dengan menggunakan pelicin, hambatan ini dapat dikurangi.

Tetapi masalahnya, bukan hanya semata-mata karena hambatan ini, melainkan juga karena pertimbangan estetika. Apalagi kalau Anda mengalami ambeien, tentu keadaan ini akan menjadi semakin buruk karena terjadi gesekan ketika melakukan anal sex. Jadi mestinya tidak dilakukan. Saya yakin suami Anda akan mengerti ini.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com