Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timbang-timbang Sebelum Bedah Plastik

Kompas.com - 07/11/2011, 17:20 WIB

Kompas.com - Untuk sejumlah orang, bedah plastik menjadi pilihan untuk memperbaiki penampilan. Namun, ada hal yang harus dipertimbangkan sebelum menjalani operasi tersebut.

- Tidak berharap kesempurnaan

Jangan mengharapkan bedah plastik sebagai jalan menuju kesempurnaan, melainkan perbaikan. Jadi jangan terlalu berharap bahwa setelah melakukan plastik, seperti disebutkan Mayo Clinic, Anda akan terlihat seperti bintang film atau model.

- Biaya

Pertimbangan biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalani tindakan tesebut, yang biasanya bervariasi, tergantung prosedur yang dilakukan. Pertimbangkan pula biaya perawatan lanjutan maupun prosedur koreksi tambahan.

- Kemungkinan risiko

Ketidakpuasan bisa saja muncul setelah tindakan bedah plastik. Begitu juga kemungkinan terjadinya komplikasi seperti perdarahan maupun infeksi.

- Perkiraan waktu pemulihan

Usai operasi, Anda membutuhkan waktu untuk pemulihan. Bisa dalam hitungan minggu atau bahkan bulan. Pahami pula efek fisik yang dapat terjadi di masa pemulihan tersebut.

- Perubahan psikologi

Bisa saja rasa percaya diri akan meningkat usai melakukan bedah plastik. Hanya saja, perbaikan pada bagian tubuh yang dikoreksi dengan bedah plastik tidak menghilangkan depresi atau gangguan mental yang dialami sebelumnya. (GHS/dee)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com