Sabtu, 25 Oktober 2014 06:51
Caring by Sharing | Kompas.com

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

7 Kiat Menjaga Kesehatan Payudara

Penulis : Lusia Kus Anna | Rabu, 9 November 2011 | 14:41 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Walau pun risiko perempuan muda untuk terkena kanker payudara lebih rendah, namun jika menderita penyakit ini di usia muda pertumbuhan kankernya jauh lebih agresif. Meski begitu sebenarnya kita bisa melakukan sesuatu untuk melindungi diri  dari kemungkinan terkena kanker yang masih jadi pembunuh nomor satu wanita ini. Berikut adalah kiat hidup sehat dan deteksi dini  demi kesehatan payudara.

1. Jaga berat badan

Kegemukan akan meningkatkan risiko kanker payudara dan menurunkan risiko harapan hidup melawan penyakit ini. 2. Olahraga

Luangkan waktu untuk berolahraga minimal 45 menit sampai satu jam lima kali dalam seminggu. Olahraga secara teratur akan mencegah penyakit dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh dan menurunkan level estrogen dan insulin. 3. Kurangi alkohol

Penelitian menunjukkan kebiasaan minum alkohol meski dalam jumlah sedikit bisa meningkatkan risiko kanker payudara sampai 21 persen. Sebagai gantinya, konsumsi jus anggur segar. Resveratrol yang ditemukan dalam kulit anggur diketahui akan mengurangi kadar estrogen sehingga menurunkan risiko kanker payudara.

4. Konsumsi sayur

Pola makan rendah lemak memang akan mengurangi risiko kanker payudara, tetapi sempurnakan perlindungan Anda dengan kebiasaan mengonsumsi sayur, bahkan jika memungkinkan konsumsi mentah. Sayur mengandung sulforphane yang bisa mencegah sel kanker bertambah banyak.

5. Pelajari riwayat keluarga

Sekitar 15 persen kasus kanker payudara, diketahui ada faktor riwayat keluarga. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit ini, risiko Anda meningkat dua kali lipat.

6. Periksa teratur

Setiap perempuan harus melakukan pemeriksaan payudara setiap tiga tahun sekali dan melakukan mamogram setahun sekali ketika mereka berusia 40 tahun.

7. Pertimbangkan tes genetik

Pasien kanker payudara pada umumnya memiliki mutasi gen BRCA. Meski pemeriksaan genetik ini jarang dilakukan di Indonesia, tetapi jika memungkinkan tak ada salahnya melakukan tes ini, terutama jika Anda beresiko tinggi.

 


Sumber :
Womens Health

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui