Sabtu, 20 September 2014 20:58

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

8 Tips Bantu Anda Berhenti Merokok

Penulis : Bramirus Mikail | Senin, 14 November 2011 | 14:44 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

KOMPAS.com - Setiap tahun, jutaan orang di seluruh dunia mencoba untuk berhenti merokok tapi gagal. Salah satu alasan utama mengapa perokok gagal untuk berhenti adalah ketidakmampuan untuk merumuskan dan mengikuti program berhenti merokok dengan benar.

Namun Anda tidak perlu menyerah pada keadaan tersebut. Setiap individu pada intinya mampu untuk mengubah kebiasaan merokok asalkan punya niat dan tujuan yang kuat. Anda tidak perlu berlama-lama untuk menghilangkan kecanduan terhadap rokok.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang akan membantu Anda dalam menghentikan kebiasaan merokok selama 30 hari: 1. Libatkan keluarga dan teman

Niat dan usaha tampaknya belum cukup untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok. Diperlukan sedikit dukungan dan motivasi dari teman dan keluarga untuk terus menyemangati dan membantu Anda dalam melawan kecanduan akibat nikotin. Libatkan selalu keluarga dan teman Anda secara aktif dalam setiap program berhenti merokok.

2. Memulai program olahraga Sebuah cara yang bagus untuk mengurangi hasrat merokok adalah dengan memulai program latihan secara rutin. Berjalan-jalan atau pergi ke gym bersama teman mungkin akan mengalihkan pikiran Anda. Ingat, olahraga mampu menghilangkan stres dan membantu membalikkan efek samping yang disebabkan oleh rokok selama bertahun-tahun. Mulailah untuk merencanakan program kebugaran dengan intensitas lambat (di awal) dan kemudian secara bertahap beralih ke aktivitas yang lebih ketat. Tetapi sebelum memulainya, pastikan bahwa Anda sudah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

3. Teknik pernafasan Perlu diingat bahwa kunci sukses berhenti merokok terletak pada diri sendiri dan kontrol. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan melakukan teknik bernapas yang dalam. Banyak orang menganggap bahwa cara ini sebagai salah satu teknik yang paling kuat dan penting, terutama dalam membantu pikiran tetap rileks dan mengatasi segala jenis bentuk stres.

4. Minum banyak air

Air membantu menyiram nikotin dan bahan kimia lainnya dari tubuh Anda dan karenanya, minum air dalam jumlah yang cukup adalah suatu keharusan bagi setiap perokok. Minum banyak air juga membantu Anda mengurangi keinginan mulut untuk merokok.

5. Terapi pengganti nikotin Akhir-akhir ini banyak dokter yang menyarankan kepada perokok untuk mengunyah permen karet untuk mengurangi efek berbahaya dari rokok. Mengunyah permen karet dipercaya dapat mengekang keinginan seseorang untuk tidak merokok. Cara ini akan memungkinkan perokok dalam mengatasi kecanduan nikotin dan mengurangi keinginan merokok.

6. Jauhi material terkait rokok Jauhi segala macam material (bahan) yang menggugah selera merokok seperti korek api, asbak. Karena jika benda-benda tesebut berada di sekitar Anda, bukan tidak mungkin akan memicu kembali gairah Anda untuk merokok.

7. Bulatkan tekad Begitu Anda berencana untuk berhenti merokok, buatlah sebuah harapan dan target dalam sebuah catatan pribadi. Setiap kali Anda merasa menyerah pada godaan, buka kembali catatan pribadi Anda untuk mengingat akan tujuan awal Anda.

8. Berpikir positif Pikiran memegang peranan vital dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita seseorang. Tanamkan selalu dibenak Anda bahwa Anda mampu dan bisa untuk melepaskan godaan-godaan.


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui