Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Kreatif Tanpa Rokok!

Kompas.com - 14/11/2011, 16:24 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada anggapan bahwa merokok dapat memberikan stimulasi kepada seseorang menjadi lebih kreatif dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini segera ditampik oleh Ketua Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS), Parni Hadi saat Launching National Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Seluruh Fasilitas dan Forum Muhammadiyah.

"Siapa bilang seperti itu. Mulai sekarang mari kita galakkan kreatif tanpa rokok," kata Parni, di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Senin (14/11/2011).

Ia juga menyayangkan para wartawan yang kerap kali menulis sambil merokok. Menurutnya, itu merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dihilangkan karena perlahan kebiasaan tersebut justru mengakibatkan turunnya kinerja wartawan.

"Jika terus dibiasakan malah jadi berbalik. Jelas di dalam rokok itu banyak zat yang sifatnya adiktif. Kalau terus-terusan merokok malah menyebabkan seseorang menjadi tidak produktif," jelas Parni.

Ia menambahkan bahwa kebiasaan merokok sambil bekerja ini sebenarnya bukan hanya pada wartawan saja. Menurutnya, banyak profesi lain yang juga menganggap rokok dapat memperlancar proses kerja seseorang karena menjadi lebih rileks.

"Itu hanya sugesti saja. Buktinya saya bisa bekerja tanpa merokok. Banyak orang juga bisa bekerja tanpa merokok. Jika ada niat dan mau melakukan aksi berhenti merokok, pasti bisa. Kalau niat saja ya percuma," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com