Jumat, 31 Oktober 2014 13:58
Caring by Sharing | Kompas.com

OBAT & VITAMIN - ARTIKEL

Terlalu Banyak Obat, Pria Rentan Impotensi

Penulis : Lusia Kus Anna | Sabtu, 19 November 2011 | 09:05 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com — Pria yang mengonsumsi beberapa jenis obat secara rutin dalam jangka panjang lebih berisiko mengalami gangguan ereksi dibandingkan pria yang hanya minum obat kurang dari dua jenis.

Dalam penelitian ini, para peneliti melihat risiko disfungsi ereksi (DE) pada pria yang mengonsumsi obat sekitar 10 macam atau lebih setiap harinya. Setelah mempertimbangkan faktor risiko DE lainnya, seperti usia, kegemukan, diabetes, dan kebiasaan merokok, diketahui bahwa pengaruh obat-obatan itu tetap tinggi.

Karena itu, dokter disarankan mengevaluasi kembali obat-obatan yang diberikan kepada pasiennya yang menderita impotensi, bahkan jika memungkinkan menguranginya. Apalagi, beberapa situasi perubahan gaya hidup sehat, seperti diet sehat dan olahraga, bisa menggantikan fungsi obat.

"Terkadang pasien diberikan obat-obatan yang tidak terlalu diperlukan. Bila hal itu bisa dikurangi, mungkin akan membantu pasien yang menderita impotensi," kata Dr Diana C Londono, urolog yang melakukan riset ini.

Obat-obatan yang terkait dengan risiko DE antara lain obat untuk tekanan darah tinggi, seperti beta blocker dan thiazides, obat yang dipakai untuk mengatasi depresi dan kecemasan, serta obat-obatan lain yang mengganggu kadar testosteron.

"Kami belum mengetahui bagaimana obat-obatan itu memperburuk gangguan ereksi. Mungkin ada interaksi antar-obat yang memiliki efek kecil pada kemampuan ereksi meski efek itu tidak tertulis dalam label obat," kata Londono.


Sumber :
LiveScience

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui