Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Asia Gemar Memakai Softlens

Kompas.com - 21/11/2011, 13:56 WIB

Kompas.com - Orang Asia ternyata sangat menyukai penggunaan lensa kontak (softlens). Dalam beberapa bulan terakhir ini tercatat penjualan melebihi 131 juta buah lensa kontak di Asia, terutama di Taiwan dan Korea.

Di Taiwan saja setiap bulannya terjadi penjualan 14,5 juta lensa kontak. Meski begitu nilai penjualan tertinggi ada di Korea, diikuti dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, dan China. Penjualan lensa kontak di Asia naik 19 persen dalam 9 bulan pertama di tahun 2011, mencapai nilai 185 juta dollar Amerika.

Menurut data yang dirilis oleh situs Asiaone, orang Asia lebih menyukai lensa kontak kosmetik atau yang bisa mengubah warna mata.

Meski lensa kontak termasuk aman, tetapi pemakaian lensa kontak yang terlalu lama bisa menyebabkan kornea tidak akan mendapat cukup oksigen. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur, mata sakit, berair, kemerahan, dan sensitif terhadap cahaya.

Bila terjadi gejala tersebut, segera lepaskan lensa kontak dan menaruhnya di tempat lensa kontak. Senantiasa membawa kacamata cadangan juga akan sangat membantu sewaktu masalah seperti itu muncul.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com