Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Turunkan Risiko Kanker Endometrium

Kompas.com - 23/11/2011, 14:43 WIB

KOMPAS.com — Kopi kini masuk dalam daftar minuman yang mendatangkan manfaat positif untuk kesehatan. Beberapa studi, meski berskla kecil, menyebutkan kopi bisa mengurangi risiko kanker. Dalam riset terbaru disebutkan konsumsi kopi dapat melindungi perempuan dari kanker endometrium (lapisan rahim).

Temuan ini melibatkan lebih dari 67.000 relawan. Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang minum lebih dari empat cangkir kopi sehari selama periode 26 tahun mempunyai risiko 25 persen lebih kecil mendapatkan kanker. Sedangkan pada perempuan yang minum 2-3 cangkir kopi sehari, memiliki risiko 7 persen lebih rendah mengidap kanker endometrium.

"Temuan ini terlalu dini untuk membuat sebuah rekomendasi bahwa perempuan peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker endometrium," kata Dr Edward Giovannucci, profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health.

Giovannuci mengatakan bahwa kopi mengandung antioksidan lebih tinggi ketimbang buah dan sayuran. Namun, dia mengungkapkan bahwa temuan ini hanya melihat hubungan antara kopi dan penurunan risiko kanker endometrium. Bukan untuk membuktikan bahwa kopi sebagai pencegah kanker.

Temuan ini diterbitkan pada journal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Giovannuci mengaku bahwa temuan ini bukanlah satu-satunya yang mengungkapkan tentang manfaat kopi bagi kesehatan.

Ia menambahkan, kopi juga telah terbukti mampu melindungi seseorang dari penyakit diabetes. Sementara itu, menurut peneliti lain dari Harvard, Dr Rob van Dam, kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko depresi pada wanita serta beragam manfaat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com