Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Imunisasi di RS Swasta Mahal?

Kompas.com - 25/11/2011, 11:29 WIB

TANYA:
 
Dok, mengapa biaya imunisasi di RS khusus anak lebih mahal dibandingkan dengan di Puskesmas, apakah kualitas vaksinnya berbeda? Mohon penjelasan.
 
Didi Winardi (42), Yogyakarta

JAWAB:

Bapak Winardi yang baik,
Imunisasi adalah program pemerintah yang diwajibkan kepada seluruh bayi/anak di Indonesia. Sehingga di setiap pusat pelayanan kesehatan masyarakat milik pemerintah seperti puskesmas, seluruh pelayanan kesehatan diupayakan dapat dijangkau oleh setiap lapisan masyarakat Indonesia, karena sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Sedangkan kebanyakan rumah sakit khusus anak adalah milik swasta yang tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga biayanya relatif lebih mahal karena rs tersebut harus membiayai sendiri operasional/kegiatannya sendiri.

Disamping itu di RS khusus anak seringkali disediakan pula beberapa vaksin tertentu yang berasal dari produsen vaksin yang berbeda dari produsen vaksin yang terdapat di puskesmas, tetapi isinya relatif sama sebenarnya tetapi dengan harga yang lebih mahal.

Namun demikian pada kondisi tertentu seperti saat Pekan Imunisasi Nasional (PIN), RS khusus anak swasta pun diikutsertakan berpartisipasi dengan memberikan imunisasi sesuai dengan program PIN saat itu dengan tanpa bayaran sedikit pun/gratis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com