Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Paksa Anak Makan Sayur

Kompas.com - 26/11/2011, 12:51 WIB

Kompas.com - Masalah balita yang sulit makan sayur memang kerap bikin pusing orangtua. Kendati demikian sebaiknya balita tidak dipaksa atau diancam-ancam agar mereka mau membuka mulutnya untuk sayuran.

Sebuah riset terbaru menunjukkan, orang tua yang kerap memarahi anak-anak mereka untuk melakukan sesuatu yang anak tidak suka seperti makan sayur, justru akan membuat anak semakin menghindari makanan tersebut.

Peneliti mengatakan, terus-menerus mendesak anak untuk menyelesaikan makanan yang mereka tidak suka adalah sesuatu yang kontra-produktif. Justru balita umumnya lebih mudah untuk makan makanan bergizi jika mereka tidak berada dalam tekanan.

Riset ini dilakukan oleh peneliti AS di Pennsylvania and Appalachian state University. Mereka menyimpulkan, "Memaksa anak untuk makan tidak akan efektif dalam mempromosikan asupan."

"Temuan ini memberikan bukti bahwa tekanan terhadap anak berkontribusi terhadap rendahnya asupan makanan dan dapat menimbulkan tanggapan negatif terhadap makanan. Justru, anak-anak lebih mungkin untuk meningkatkan asupan makanan jika mereka tidak dipaksa untuk makan," jelasnya

Sementara itu Richard Woolfson, seorang psikolog anak mengatakan, "Saya kira jawabannya adalah lakukan dorongan secara lembut bukan dengan pemaksaan," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com