Kamis, 24 Juli 2014 20:01

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Bentuk Otot dengan Makanan Ini

Rabu, 30 November 2011 | 10:26 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi daging sapi

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk otot tubuh. Selain berolah raga dan melatih otot dengan latihan pembebanan, asupan makanan pun menjadi bagian penting dalam pembentukan otot.

Meski ada beberapa yang relatif mahal, sumber makanan yang digunakan  untuk membantu pembentukan otot ini nyatanya tidak selalu mahal. Beberapa sumber makanan tertentu sangat mudah dijumpai, murah, dan bahkan menjadi santapan sehari-hari.

Kegiatan membentuk otot bukan hanya diminati kaum pria. Sejumlah perempuan
pun ada yang ingin membentuk otot tubuh tertentu dan terlihat lebih kencang.
Olah raga pembebanan menjadi salah satu cara untuk membantu membentuk otot. Selain itu, Dan Go, pelatih pribadi dan ahli gizi, seperti dirilis Livestrong, juga menyarankan asupan makanan yang dapat membantu terbentuknya otot.

Sumber protein menjadi penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan otot. Meski demikian, peran karbohidrat juga turut ambil bagian dalam pembentukan tersebut mengingat karbohidrat menjadi bahan bakar dalam proses tersebut. Berikut adalah makanan-makanan yang dapat membangun otot tubuh :

1.  Daging sapi

Kontribusi daging sapi terhadap pembentukan otot secara klinis dibuktikan oleh peneliti medis di University of Texas tahun 2007. T Brock Symons dan asosiate memastikan bahwa sintesis protein otot meningkat 51 persen setelah subjek yang disertakan dalam penelitian yang mengkonsumsi sekitar 120 gram sapi tanpa lemak. Sebagai tambahan, pilih daging sapi yang hanya diberi makan rumput. Daging sapi ini kaya akan asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi, dan padat vitamin A dan vitamin E.

2. Daging kerbau atau rusa

Selain daging sapi, manfaatkan pula daging kerbau maupun daging rusa, bila memungkinkan. Kedua jenis daging ini termasuk sumber protein yang padat vitamin B, besi, fosfor, selenium, zinc, den tembaga.

3.  Kalkun

Meski harganya relatif mahal, daging kalkun adalah salah satu makanan pembentuk otot den sumber protein serta 11 vitamin den mineral. Daging kalkun juga mengandung selenium yang membantu mengurangi risiko terjadinya kejadian kanker tertentu.

4. Telur

Telur utuh menyediakan protein yang baik. Satu butir telur mengandung 6-8 gram protein. Sebutir telurjuga kaya akan vitamin, zinc, besi, dan kalsium, membuatnya menjadi salah satu makanan pembentuk otot paling lengkap yang dapat disantap.

5.  Dada ayam

Setiap 100 gram dada ayam mengandung 30 gram protein dengan lemak minimal. Daging dada ayam ini termasuk sumber protein hewani yang tidak terlalu mahal, mudah dimasak, dan dapat disajikan dengan berbagai masakan. Yang pasti, daging ayam dapat membantu membentuk otot.

6. Minyak ikan

Minyak ikan memiliki efek antiinflamasi (antiradang) yang memulihkan tubuh lebih cepat setelah berolah raga keras. Minyak ikan juga membantu mempercepat metabolisme tubuh. Tidak hanya dimanfaatkan untuk membangun otot, minyak ikan juga dapat membantu mengurangi kelebihan lemak.

7. Salmon

Salmon menjadi sumber protein poten yang juga mengandung asam omega-3 yang baik. Kedua bahan ini akan membantu membentuk otot, dan studi menunjukkan, hal ini akan membantu mendongkrak metabolisme untuk hasil yang lebih cepat.

8. Susu cokelat

Susu cokelat, yang umumnya digemari anak-anak, rupanya dapat  membantu pembentukan otot lebih banyak. Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolisme menunjukkan bahwa Susu cokelat same efektifnya dalam mendongkrak manfaat positif olah raga dan juga memperlambat rasa haus.

9.  Keju

Menurut Mayo Clinic, keju dapat mensubsitusi daging sebagai sumber protein. Sekitar 30 gram keju rendah lemak menyumbang 7 gram protein pembentuk otot, demikian pula keju cottage. Satu cangkir keju cottage mengandung 28 gram protein yang dapat membantu pembentukan lemak. Tak hanya itu saja, kudapan yang terbuat dari keju cottage tergolong dari protein yang lambat dicerna, sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama.

10. Protein whey

Tergolong dalam protein yang diserap tubuh dengan cepat. Protein ini menjadi santapan terbaik usai berolah raga. Mengandung asam amino yang penting untuk membangun dan mempertahankan otot. Bagian terbaik dari protein whey ini adalah nilai biologisnya yang tinggi. Nilai biologis ini adalah ukuran dari efisiensi protein dapat diserap dan digunakan oleh tubuh untuk perkembangan jaringan.
Makanan sumber protein hewani ini sebaiknya juga diperkuat dengan zat gizi menyehatkan lainnya, seperti protein nabati, karbohidrat, maupun vitamin den mineral.

11. Almon

Almon adalah salah satu sumber protein den lemak yang baik. Almon juga mengandung vitamin E yang paling penting bagi otot. Antioksidan kuat dalam almon juga membantu melawan radikal bebas den membantu pemulihan lebih cepat setelah berolah raga.

12. Buah dan sayur

Beberapa sumber karbohidrat lebih baik daripada yang lainnya. Harvard School of Public Health membuat daftar sejumlah karbohidrat baik yang akan membantu memberi bahan bakar dalam proses pembentukan otot. Ini termasuk sayuran berdaun hijau, merah, buah den sayur berwarna jingga atau kuning.

13. Nanas

Merupakan sumber yang kaya akan enzim pencerna protein yang disebut bromelein. Buah tropic ini tambahan yang baik pasta olah raga.

14. Ubi

Karbohidrat menjadi nutrisi penting bagi tubuh dan juga membantu membentuk otot. Ubi menjadi salah satu pilihan nikmat untuk mengganti cadangan energi dan menjadi bahan bakar dalam proses pembentukan otot. Selain itu, ubi juga dipadati dengan vitamin dan mineral guna membantu mempertahankan kadar gula darah normal dan menjaga perut tetap kenyang lebih lama.

15. Bayam

Penelitian di Rutgers University menunjukkan bahwa konsumsi bayam dapat meningkatkan perkembangan otot hingga 20 persen. Hanya saja, asupan bayam ini mesti banyak. Setidaknya Anda perlu menyantap 1 kg bayam per hari untuk mendapat manfaat yang sama.

16. Kuinoa

Bila ingin sumber karbohidrat yang membantu membentuk otot, cobalah kuinoa. Sebanyak 100 gram kuinoa mengandung 14 gram protein bersama dengan asam amino esensial yang membuatnya menjadi tambahan yang baik bagi makanan pembentuk otot.

17. Air

Memang bukan makanan, tetapi cukup air menjadi bagian penting dalam pembentukan otot. Tubuh terdiri atas 70 persen air dan jaringan otot sekitar 75 persen air. Menjaga otot tetap terhidrasi akan meningkatkan kekuatan, tingkat energi, dan membantu pencernaan berjalan lancar.

(Diana Y Sari)


Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui